Sabtu, 25 Mei 2019 08:46 WIB

Xpedisi Xpander Jawa 2.000 Km

Hari Ketiga Xpedisi Xpander, Menembus Pegunungan dari Malang-Yogya

Luthfi Anshori - detikOto
Jalur menuju Yogyakarta yang dilalui mobil Xpander Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah Jalur menuju Yogyakarta yang dilalui mobil Xpander Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah
Malang/Yogyakarta - Perjalanan Xpedisi Xpander 2.000 km Jawa sudah memasuki hari ketiga. Rute yang dilalui detikcom kali ini dari Malang arah Yogyakarta. Berbeda dengan rute perjalanan 2 hari sebelumnya yang sepenuhnya menggunakan jalan tol, kali ini menggunakan jalan umum.

Jarak yang akan kami tempuh, total 393 km. Dan melewati beberapa kota dan kabupaten di Jawa Timur. Mulai dari Malang - Blitar - Tulungagung - Trenggalek - Ponorogo - Wonogiri - Klaten - Yogyakarta, dengan estimasi jarak tempuh 8 jam.



Dari Malang, kami menjelajahi jalur utama sampai ke Blitar. Tim ekspedisi disuguhi kondisi jalan mulus dengan bentuk berkelok-kelok khas jalanan pegunungan. Xpander Ultimate yang kami tumpangi pun cukup sigap melahap setiap medan tanjakan.

Jalur yang dilalui Xpander dari Malang menuju YogyakartaJalur yang dilalui Xpander dari Malang menuju Yogyakarta Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah


Saat menuju Tulungagung, sejauh yang kami temui tidak ada simpul kemacetan di manapun. Hanya saja, kami lebih banyak melewati rute alternatif dengan lebar jalan cukup sempit. Tidak hanya mengandalkan aplikasi seperti Google Maps, kami juga sempat bertanya pada penduduk lokal saat ingin mencari jalan utama menuju Trenggalek.

Yang paling menarik adalah saat melewati rute Trenggalek - Ponorogo - Wonogiri. Sebab kondisi jalannya naik turun dan di sisi kanan-kiri ditumbuhi pohon-pohon yang menjulang tinggi. Saat melewati rute tersebut, kondisinya memang sudah malam, jadi jalan terlihat gelap. Namun semua itu bisa teratasi dengan lampu dari Xpander yang penerangannya cukup baik.

Jalanan cukup mulusJalanan cukup mulus Foto: Luthfi Anshori


Untuk informasi, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar, menjadi salah satu wilayah titik perlintasan yang merupakan bagian proyek jalur Pansela (Pantai Selatan Jawa). Nantinya, jalur Pansela akan menghubungkan Banten dengan Jawa Timur. Rencananya proyek ini rampung pada 2021 nanti.

Setelah melakukan perjalanan dari Malang ke Yogyakarta pada Jum'at (24/5/2019) selanjutnya tim 'Xpedisi Xpander 2.000 Km Jawa' akan melanjutkan perjalanan dari Yogyakarta ke Tasikmalaya lewat jalur Pansela yang sudah terhubung. Mau tahu seperti apa keseruannya? Nantikan berita selanjutnya dari Xpedisi Xpander 2.000 Km Jawa. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com