Sabtu, 25 Mei 2019 04:26 WIB

Toyota Bisa Saja Buat Mobil Listrik Kembar dengan Daihatsu

Ruly Kurniawan - detikOto
Logo Toyota Foto: Ari Saputra Logo Toyota Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kolaborasi Toyota dan Daihatsu nampaknya akan terus langgeng paling tidak hingga era kendaraan listrik sudah berjalan di Indonesia. Sebab, Toyota sudah memiliki rencana untuk mengulang era keemasan mobil kembar mereka (Avanza-Xenia) lagi. Namun kali ini bakal berbekal listrik.

Beberapa waktu lalu pihak Toyota Indonesia memang sudah 'gatel' untuk mengungkapkan langkah kolaborasinya bersama Daihatsu. Tetapi keran informasi tentang hal tersebut masih tertutup rapat. Hingga Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengungkapkan akan kemungkinan produksi mobil kembar kembali bersama Daihatsu.




"Semua industri otomotif mengakui bahwa electrified vehicle itu mahal, terutama di komponen dan riset dan pengembangannya. Oleh sebab itu sekarang ada kolaborasi antar brand untuk bagaimana caranya memanfaatkan teknologi yang ada. Hingga pada akhirnya, R&D issue tadi tidak terlalu mahal dan tujuan akhirnya konsumen tidak terbebani banyak (harga jual mobil bisa lebih murah)," ucap Warih di Jakarta.

"Jadi bila ditanya apakah ke depan kolaborasi kami akan semakin besar? Iya. Tidak menutup kemungkinan juga akan hadir mobil kolaborasi (kembar-Red) bersama Daihatsu di Indonesia," lanjutnya.



Berbicara model kendaraannya, Warih belum bisa menyatakan secara pasti. Namun tidak akan jauh-jauh dari mobil keluarga.

"Ya model kolaborasi yang akan diproduksi nanti tentu yang volumenya besar, kalau tidak MPV (Multiple Purpose Vehicle) ya SUV (Sport Utilize Vehicle). Kalau bicara komponen (yang juga akan dikolaborasikan), mungkin baterai, CPU, ya komponen utama di electrified vehicle," jelas Warih.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com