Kamis, 23 Mei 2019 10:51 WIB

Xpedisi Xpander Jelajah Jawa 2.000 Km

Gara-gara Ini, Jakarta-Cikarang Ditempuh 6 Jam

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah Foto: Grandyos Zafna Manase Mesah
Cikarang - Selama beberapa hari ke depan, detikcom akan menjelajah Pulau Jawa mulai dari Jakarta, menuju Jawa Timur. Perjalanan untuk mengintip kesiapan jalur mudik ini melalui jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan sampai ke Surabaya, kemudian kembali menuju Jakarta melalui jalur selatan.

Perjalanan dengan mengendarai Mitsubishi Xpander ini dimulai hari Rabu 22 Mei 2019, dini hari. Seperti detikers bisa tebak, kemacetan yang bisa menghadang pemudik adalah kemacetan di tol Cikampek tepatnya di Cikarang. Pantauan detikcom Rabu kemarin, kemacetan terjadi sejak exit tol Jatibening hingga km 29 di Cikarang.

Kemacetan akibat kecelakaan di tolKemacetan akibat kecelakaan di tol Foto: Luthfi Anshori


Macet panjang ini disebabkan long span proyek yang terjatuh tepat sebelum GT (Gerbang Tol) Cikarang Utama. Insiden ini pun membuat lalu lintas macet 20 km.

"Betul. Untuk informasinya long span bergeser ke lajur 3 dan 4," ujar Petugas Call Centre PT Jasa Marga, Lala.

Saat detikcom melintas dalam keperluan menjelajah tol Trans Jawa, kemacetan ini membuat kendaraan hanya bisa bergerak dengan kecepatan 5-10 km/jam. Kemacetan diperparah dengan tingginya arus kendaraan besar seperti truk-truk ekspedisi yang membawa kebutuhan logistik dan bahan baku.

[Gambas:Video 20detik]




Gara-gara Ini, Jakarta-Cikarang Ditempuh Setengah HariFoto: Luthfi Anshori

Akibat kemacetan ini, kendaraan dari arah Jakarta yang ingin ke tol Cikampek maupun arah Cipali, harus menempuh waktu perjalanan hingga 6 jam. Semoga saja nanti pas mudik tidak ada lagi kecelakaan yang bisa memperparah kemacetan di area ini ya.

Ikuti terus perjalanan Xpedisi Xpander Jelajah Jawa 2.000 Km di detikcom.

Video Drone Tol Cipali

[Gambas:Video 20detik]





(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed