Selasa, 21 Mei 2019 08:20 WIB

Xpander Masih 'Nyerah' dari Avanza Berwajah Vellfire

Dina Rayanti - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Mitsubishi Mitsubishi Xpander. Foto: Mitsubishi
Jakarta - Toyota Avanza yang saat ini disebut-sebut memiliki wajah mirip dengan Vellfire masih perkasa dari sisi penjualan. Di bulan keempat tahun 2019, penjualan Avanza mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya yakni sebesar 8.538 unit. Tercatat dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia April 2019, Toyota mampu mengirimkan 9.103 unit Avanza ke masing-masing dilernya.

Raihan positif Avanza berwajah Vellfire itu tak diikuti oleh pesaing utamanya Mitsubishi Xpander. Mitsubishi pada Maret mampu mendistribusikan 8.115 unit Xpander, sementara pada April 2019 turun drastis menjadi 3.572 unit.


Peningkatan penjualan Avanza juga turut berkontribusi menjadikan Toyota di posisi teratas mobil terlaris se-Indonesia sepanjang April 2019. Toyota mendistribusikan 29.424 unit mobilnya selama bulan keempat tahun 2019. Sementara Mitsubishi, keseluruhan penjualannya malah turun dari 13.164 menjadi 7.832 unit dalam kurun waktu satu bulan.

Xpander Masih 'Nyerah' dari Avanza Berwajah VellfireFoto: Paultan


Bicara soal Low MPV, baik Xpander maupun Avanza memang masih kokoh mendominasi dibanding para pesaingnya. Tercatat Avanza dan Xpander berlomba-lomba menjadi yang terlaris di Indonesia sejak Februari 2018.

Hingga saat ini persaingan antara keduanya masih terus berlangsung dan kian memanas. Masing-masing pabrikan mengklaim mobilnya yang terbaik untuk masyarakat Indonesia dan tak ingin dibandingkan. Mitsubishi menyebut Xpander jauh lebih laris kalau dibandingkan dengan Avanza varian 1.5L saja.


Seperti diketahui Toyota menawarkan dua pilihan mesin pada Avanza yakni 1.3L dan 1.5L. Toyota sendiri beberapa waktu lalu menantang Mitsubishi untuk membuat Xpander bermesin 1.3L agar persaingan keduanya lebih fair. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com