Senin, 20 Mei 2019 18:30 WIB

Ini Sebabnya Harga Mobil Bekas Naik Setiap Lebaran

Dina Rayanti - detikOto
Mobil bekas. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan Mobil bekas. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta - Menjelang Lebaran, kendaraan roda empat biasanya menjadi incaran. Mobil-mobil tersebut biasanya digunakan untuk pulang kampung yang memang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Mobil bekas pun tak luput dari incaran mereka yang ingin mudik.

Hal itulah yang turut mempengaruhi harga jual mobil bekas sehingga mengalami peningkatan.


"Biasanya harga mobil bekas bisa naik rata-rata 5% dibanding periode lainnya. Permintaan pasar yang naik membuat harga jual mobil juga naik," kata Country Manager Carsome Indonesia Andreas Djingga dalam siaran pers yang diterima detikcom, Senin (20/5/2019).

Selain harga yang meningkat, aktifitas menjual mobil juga bergerak aktif jelang Lebaran. Biasanya menjelang Lebaran harga jual mobil bisa sedikit lebih baik dibandingkan periode lainnya.

"Banyaknya kebutuhan konsumsi pada periode ini yang mendorong orang menjual mobil mereka. Baik itu untuk dialihkan ke kebutuhan lainnya, ataupun upgrade mobil mereka," lanjut Andreas.

Penjualan mobil bekas pun tercatat meningkat. Dalam situs jual beli mobil bekas Carsome misalnya, penjualan meningkat drastis hingga 37 persen dalam lima bulan. Tren peningkatan pun diprediksi meningkat hingga awal Juni menjelang Lebaran 2019.

Berbagai motivasi penjual mobil bekas yang mendorong lonjakan transaksi menjelang Idul Fitri ini merupakan fenomena unik yang terjadi di Indonesia.


Oleh karena itu, Carsome Indonesia juga telah mengantisipasi hal ini mulai dari awal tahun 2019 dengan meningkatkan layanan seperti penambahan titik Full Service Branch, penambahan inspektor profesional ahli, dan juga meluncurkan kampanye marketing untuk menyambut tren kenaikan pasar.

"Semua lini layanan kami pastikan maksimal agar kami dapat memberikan pengalaman semudah mungkin dalam menjual mobil bekas kesayangan, tidak terkecuali pada periode kenaikan transaksi menjelang Idul Fitri ini. Layanan kami pastikan optimal, mobil diperebutkan oleh ribuan dealer, penjual mendapat harga terbaik," tutup Andreas Djingga. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed