Senin, 20 Mei 2019 07:49 WIB

Hyundai-KIA Investasi Besar-besaran Bikin Mobil Sport Listrik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Kia Foto: Kia
Seoul - Hyundai akan mengembangkan proyek mobil sport mid engine bertenaga listrik. Untuk melahirkan produk tersebut, Hyundai bekerja sama dengan merek mobil listrik asal Kroasia, Rimac.

Rimac sendiri diketahui telah bekerja sama dengan Pininfarina untuk Battista dan Valkyrie dari Aston Martin. Kini perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai dan Kia yang membutuhkan teknologi mobil listrik Rimac untuk merampungkan proyek mereka itu.

Hyundai menginvestasikan USD 72 juta, sementara Kia menghabiskan USD 18 juta untuk membentuk kemitraan teknis dengan Rimac. Menurut perjanjian tersebut, perusahaan akan bekerja sama pada dua kendaraan listrik berperforma tinggi pada tahun 2020 yang merupakan tahun yang sama ketika produksi C_Two dimulai.



Identitas mobil-mobil ini sebagian telah diungkapkan, dengan salah satu dari mereka menjadi varian listrik dari mobil sport mid engine Hyundai N.

Mobil yang disebutkan dalam siaran pers itu telah dikembangkan selama bertahun-tahun melalui konsep Veloster Midship kembali pada tahun 2014. Setahun kemudian, pada 2015 konsep tersebut diperbarui untuk RM15 dengan mengurangi 195 kilogram sambil mempertahankan output 300hp dari bensin 2.0 liter turbocharged.



Pada tahun 2016, Hyundai mengubah formulanya sekali lagi untuk RM16 N dengan desain eksterior yang sedikit direvisi. Ketiganya adalah mobil sport ringan dua tempat duduk dengan tata letak mesin tengah dan pusat gravitasi rendah, sedangkan RM adalah "Racing Mid-ship."

Menjelang akhir 2018, Hyundai mengungkapkan rencana untuk model unggulan seri N. Hal itu masuk akal sekarang bahwa kita tahu proyek itu masih berjalan dan sedang dimodifikasi untuk mengakomodasi powertrain listrik sepenuhnya dengan bantuan dari Rimac. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya