Senin, 20 Mei 2019 03:50 WIB

Land Rover Beralih ke Hybrid Tahun Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Range Rove Evoque Foto: Land Rover Range Rove Evoque Foto: Land Rover
London - Walaupun belum tertarik beralih ke kendaraan listrik secara penuh, Land Rover akan mulai melakukan gebrakan besar dimulai pada akhir tahun ini. Yaitu, menghentikan produksi mobil konvensional dan beralih ke mesin mild-hybrid atau plug-in hybrid (PHEV).

Sebagaimana dilansir Autocar, hal ini merupakan jawaban dari pabrikan otomotif asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) tentang tantangan kendaraan di masa yang akan datang (rendah emisi). Disebutkan pula, kendaraan konvensional akan berhenti diperbaharui di tahun 2019 ini.



Akan ada empat model mobil berteknologi mild-hybrid ini. Salah satunya mungkin adalah Range Rover Evoque, yang dimana wacananya sudah sempat beredar di jagat maya beberapa waktu belakangan. Sementara Range Rover generasi kelima akan hadir di tahun 2021.

Sedangkan model flagship baru juga akan menjadi PHEV berdasarkan platform aluminium baru yang dijuluki MLA, dan bakal lebih ringan dari arsitektur aluminium JLR saat ini, dan dapat mengakomodasi mesin konvensional dan sistem tenaga listrik.



Di masa depan, JLR juga membuka kemungkinan untuk memasukkan teknologi itu ke Velar dan Defender. Lalu, untuk kendaraan full listrik, pihak JLR mengaku belum memiliki rencananya paling tidak hingga empat tahun ke depan. Sebab, bakal banyak hal yang harus disesuaikan mulai dari powertrain, bobot kendaraan, dan sebagainya. Sebab, karakteristik dari sebuah SUV adalah powertrain yang besar.



(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com