Minggu, 19 Mei 2019 10:13 WIB

Bingung Mau Beli Mobil Apa? Ini Ragam Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Dalam mendukung mobilitas yang tinggi bagi masyarakat, kendaraan telah menjadi suatu kebutuhan. Tak hanya mengandalkan transportasi umum yang memiliki rute dan waktu tertentu, dengan memiliki mobil pribadi, maka akan terasa lebih leluasa untuk melakukan mobilisasi.

Namun, seiring perkembangan kebutuhan masyarakat, tentu setiap orang memiliki kebutuhan berbeda. Oleh karena itulah para produsen mobil terus berupaya mengeluarkan model sesuai kebutuhan, baik itu untuk keperluan sehari-hari, berpetualang, atau pun untuk gaya.

Jika Anda masih bingung ingin membeli mobil seperti apa, berikut tips untuk membeli mobil yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya, untuk memilih mobil yang tepat, maka tentukan terlebih dulu tujuan penggunaan mobil yang akan Anda pergunakan.


Mobil untuk Rutinitas Sehari-hari

Jika Anda ingin membeli mobil untuk menunjang aktivitas rutin sehari-hari seperti ke kantor, sebaiknya Anda memilih mobil yang kompak, seperti hatchback atau city car. Dengan memilih mobil kompak, tentu akan memudahkan Anda dalam bermanuver di tengah kemacetan. Mobil kompak seperti Toyota Yaris dan Daihatsu Sirion bisa dijadikan pilihan untuk digunakan sebagai alat transportasi harian.

Dari segi bahan bakar, mobil kompak dikenal sangat efisien. Namun, ada beberapa kelemahan yang mendasar dari jenis mobil kompak ini, seperti tidak mampu menampung banyak penumpang dan agak kurang nyaman untuk dibawa perjalanan jauh.

Mobil Penunjang Aktivitas Keluarga

Apabila tujuan Anda membeli mobil untuk menunjang aktivitas keluarga, seperti antar-jemput anak sekolah hingga membeli kebutuhan harian, maka tipe mobil yang cocok adalah multi purpose vehicle (MPV). Mobil MPV mampu membawa banyak penumpang hingga barang bawaan yang menjadi solusi terbaik untuk penuhi kebutuhan tersebut.

Nama-nama merek mobil segmen MPV yang menjadi favorit di Indonesia, seperti yang pernah dijuluki mobil sejuta umat, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan masih banyak lagi.

Mobil untuk Hobi atau Berpetualang

Bagi para penggila otomotif, tipe mobil yang dikenal di Indonesia saat ini seperti sport utility vehicle (SUV) dan sedan menjadi pilihan favorit. Kedua tipe mobil ini paling banya disukai oleh para pengendara yang memiliki minat khusus, hobi atau ingin tampil beda dengan lainnya.

Jika Anda suka berpetualang baik ringan ataupun berat, ada banyak pilihan SUV yang bisa Anda temukan di pasar otomotif nasional. Untuk SUV yang bisa melahap medan off road ringan, di Indonesia contohnya ada Toyota Fortuner, Peugeot 3008, Toyota All New Rush, Isuzu MU-X, hingga double cabin seperti Toyota Hilux.

Untuk tipe mobil sedan, biasanya yang menyukai mobil ini adalah mereka yang tidak terbiasa mengendarai mobil sendirian atau harus didampingi sopir sehingga tingkat kenyamanan menjadi hal yang utama dalam memilih mobil sedan.

Namun, kelemahan dari tipe sedan ini adalah harganya yang mahal. Ketentuan pajak tinggi yang diterapkan pemerintah membuat harga sedan yang beredar di Indonesia di atas harga rata-rata mobil lainnya.

Dan yang paling penting tentu Anda harus memilih sesuai dengan kemampuan kantong Anda agar bisa membawanya masuk ke dalam garasi rumah. Apalagi, saat ini sudah ada mobil tipe low cost green car (LCGC) atau biasa disebut mobil murah. Mobil yang berasal dari kebijakan pemerintah ini selain harganya yang murah, kemampuan dan pilihannya pun sangat beragam, seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Nah, bagi yang ingin membeli mobil, baik baru maupun bekas, ada program menarik nih. detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat BBM (Berkah Beli Mobil) yang hanya ada selama bulan Ramadan 2019.

Dengan mengikuti BBM, pembaca bisa mewujudkan impian membeli mobil idaman tanpa uang muka atau DP. Di program ini, Seva.id bahkan menggratiskan DP mobil hingga Rp 50 juta untuk 5 orang pemenang. Periode promo ini berlaku sejak 14-31 Mei 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 18 Juni 2019.

Ayo ikuti program BBM untuk mendapatkan mobil impian dengan segala kemudahannya. Segera daftar di sini. (ega/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com