Jumat, 17 Mei 2019 21:50 WIB

Taksi Listrik Reguler Bluebird Sanggup Melahap Jarak Hingga 400 Km

Ridwan Arifin - detikOto
Taksi listrik Foto: Ridwan Arifin Taksi listrik Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - BYD e6 menjadi armada baru taksi berbasis tenaga listrik bagi perusahaan transportasi Bluebird, secara di atas kertas BYD e6 diklaim sanggup melahap jarak hingga 400 kilometer.

detikcom mendapat kesempatan untuk menjajal taksi listrik ini. Melirik layar dashboard yang terlihat futuristik lewat tampilan digital, saat datang taksi ini berada di indikator baterai 96 persen.



Sang sopir mengatakan bahwa indikator jarak yang juga ditampilkan lebih kepada estimasi perjalanan, namun pria yang sudah belasan tahun mengatakan bahwa lebih kepada melihat angka baterai agar bersiap-siap mengisi ulang kembali.

"Tetapi kalau saya sudah dekat pool, saya pasti isi lagi untuk jaga-jaga kalau dapat penumpang dapat jaraknya jauh," ujarnya.

Memang saat ini Bluebird masih menawarkan mobil listrik kepada sejumlah konsumen tertentu, sebanyak 30 unit taksi BYD digunakan untuk melayani Reguler Bird dan 4 unit Tesla Model X untuk Silver Bird.

Secara ukuran mobil dengan model Crossover Compact ini memiliki konfigurasi 5 penumpang, dengan dimensi panjang 4.550 mm (180 in), lebar 1.822 mm (72 in), dan tinggi 1.630 mm (64 in) dengan wheelbase 2.830 mm (111 in).



Merujuk data spesifikasi secara global, sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh panjang, BYD e6 bisa menjangkau jarak 400 km dalam satu kali pengisian baterai. Baterai BYD Iron Phosphate (Fe) berkapasitas 80 kWH pada mobil ini bisa dicas hanya 2 jam menggunakan charger V2G 480 VAC 3 phase.

"Bahkan kurang dari 1 jam kalau kondisinya tidak kurang dari 50 persen," sahut sang sopir.

Soal kecepatan, BYD membekali mobil ini dengan motor listrik tipe AC Synchronous Motor (Brushless), mobil ini bisa berlari sampai kecepatan maksimal 140 km/jam. Akselerasi 0-60 km/jam hanya 7,69 detik. Tenaga maksimal mobil listrik ini mencapai 121 daya kuda dengan torsi maksimal 450 Nm. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed