Kamis, 16 Mei 2019 16:43 WIB

Bukan Untuk Hemat Bahan Bakar, Ini Tujuan Utama Mobil Hybrid

ruk - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Mesin berteknologi hybrid menyajikan berbagai kelebihan dibanding mesin konvensional (Internal Combustion Engine atau ICE). Salah satu yang paling disorot adalah konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Namun nyatanya, paradigma tersebut tidaklah benar. Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, konsumsi bahan bakar adalah sebagian bonus kecil dari penggunaan mobil hybrid maupun listrik. Bukan yang utama.


"Sebenarnya, tujuan dari hybrid itu bukan fuel efficiency. Sebab ketika kita membandingkannya dengan non-hybrid, ada loh kendaraan itu yang konsumsi bahan bakarnya lebih rendah. Namun tujuan utama dari hybrid adalah mobil ramah lingkungan," katanya di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

"Environmental friendly, itulah tujuan utama mobil hybrid. Tidak cuma hybrid sebenarnya, ada juga pilihan lainnya seperti full listrik, hidrogen, dan sekelasnya. Jadi bukan untuk hemat bahan bakar utamanya," lanjut Soerjo.


Namun meski seperti itu, mobil hybrid memang memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Toyota C-HR hybrid misalkan, yang disebut lebih irit 62 persen dibanding versi konvensionalnya. Gas buangnya juga lebih ramah sebesar 60 persenan. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com