Selasa, 14 Mei 2019 16:49 WIB

Mobil Canggih BMW Mulai Diuji Interiornya Mulai Terlihat

M Luthfi Andika - detikOto
BMW Vision iNext Foto: Pool (carscoops) BMW Vision iNext Foto: Pool (carscoops)
Jakarta - Setelah diperkenalkan di Barcelona, Spanyol pada 24-28 Februari 2019 di ajang Mobile World Congress, mobil canggih BMW iNext sudah mulai diuji di jalanan, bahkan tampilan interiornya terlihat.

Dikutip carscoops, SUV listrik dan otonom BMW iNext itu memang pengujiannya dilakukan secepat mungkin agar masyarakat sekitar tidak sadar bahwa BMW tengah mengetes mobil.



Namun dalam kesempatan ini pula, akhirnya pencinta BMW bisa melihat sedikit bocoran mengenai bagaimana tampilan desain interior BMW iNext.

Tampilan interior BMW iNext memang bisa dikatakan masih dalam proses dan belum bisa diatakan telah sempurna. Meski demikian tampilan interior BMW iNext ini terlihat mirip dengan tampilan seri 3 yang dipadukan dengan i3.

BMW Vision iNextBMW Vision iNext Foto: Pool (carscoops)


Meski demikian mobil ini memang layak untuk ditunggu. Karena mobil ini memang menawarkan berbagai kecanggihan dari sebuah teknologi.

Seperti pemberitaan detikcom sebelumnya, BMW Vision iNext dibekali teknologi canggih, BMW Natural Interaction. Sistem tersebut menggabungkan teknologi perintah suara dengan kontrol melalui gerakan tangan.



Singkatnya, pengemudi bisa membuat kombinasi antara suara, gerak tubuh, dan tatapan mata untuk berinteraksi dan mengoperasikan fitur-fitur di mobil. Sebagai penunjang, ada dua buah layar besar di area dashboard.

"Pelanggan harus dapat berkomunikasi dan terhubung dengan cerdas dan alami dengan kendaraan mereka," ujar Wakil Presiden Senior BMW Group Electronics, Christoph Grote.

"BMW Natural Interaction juga merupakan langkah penting untuk masa depan kendaraan otonom, ketika konsep interior tidak lagi diarahkan hanya untuk aspek mengemudi dan penumpang akan memiliki lebih banyak kebebasan," lanjutnya.

Yang canggih lagi, teknologi BMW Natural Interaction tidak hanya diandalkan di dalam interior BMW Vision iNext saja. Sebab teknologi ini juga diklaim bisa terintegrasi dengan berbagai macam layanan digital.

BMW iNextBMW iNext Foto: Ardhi Suryadhi


Misalnya, ketika ingin mencari informasi tentang sebuah restoran, pengemudi dapat mengarahkan jari ke objek di bidang penglihatan mereka dan tinggal memberikan perintah suara.

Dan secara otomatis sistem akan memberi informasi terkait jam buka atau peringkat pelanggan, bahkan bisa memesan meja di restoran.

Contoh lain, ketika pengemudi melihat tempat parkir, mereka akan dengan mudah mengetahui apakah mereka diizinkan parkir di sana dan berapa biayanya, dan kemudian memesan dan membayarnya langsung tanpa harus menekan tombol.

Sedikit menyinggung soal desain, konsep BMW Vision iNext hadir dengan purwarupa yang futuristik. Desainnya mengusung crossover dengan lampu-lampu sipit, berbentuk garis panjang. Bentuk jendela juga dibikin luas dengan bezel yang minim dan konsep atap floating roof.



Dilihat sekilas, mobil berwarna cerah ini memiliki interior yang mewah dengan material beludru di kursi dan karpet belakang. Dan material berbahan kayu di lantai kursi depan.

BMW iNEXTBMW iNEXT Foto: Ardhi Suryadhi


Kabarnya, BMW Vision iNext dengan teknologi BMW Natural Interaction akan mulai dipasarkan pada tahun 2021 mendatang. Bagaimana detikers? Siap menyambut masa depan? (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya