Selasa, 14 Mei 2019 08:27 WIB

Mobil Polisi Palsu Bikin Pengendara Takut Langgar Lalu Lintas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Polisi Palsu Bikin Pengendara Takut Langgar Lalu Lintas. Foto: Twitter
Jakarta - Pelanggar lalu lintas masih banyak saja ditemui di jalan raya. Tak cuma di Indonesia, banyak negara di dunia yang menghadapi para pelanggar lalu lintas. Solusinya adalah dengan menegakkan aturan dan menjatuhkan sanksi terhadap para pelanggar.

Cara unik ini mungkin bisa membuat pengendara ogah melanggar peraturan lalu lintas. Yaitu dengan memajang mobil polisi palsu.



Beberapa waktu lalu di Indonesia sempat viral sebuah mobil polisi palsu yang digambar di atas papan dan dipajang di pinggir jalan. Harapannya, pengendara melihat ada mobil polisi yang berjaga sehingga mereka berpikir ulang untuk melanggar aturan lalu lintas.

Cara itu juga diterapkan di Turki. Polisi di Turki membuat potongan besar mobil polisi yang digambar di atas papan. Dari kejauhan, itu mungkin terlihat seperti mobil polisi sungguhan, tapi kalau didekati lagi itu hanyalah gambar yang ditambahkan panel surya kecil untuk menyalakan lampu berkedip.



Cuitan dari Radford Road Police di Nottinghamshire di Inggris mengindikasikan mereka ingin menerapkan taktik serupa. Namun, komentator yang mengendarai mobil di Turki mengatakan, cara itu hanya efektif untuk sementara. Pengemudi lokal yang sudah mengetahuinya akan terbiasa dengan kehadiran mobil polisi palsu tersebut.

"Awalnya berhasil. Saya mengemudi di Turki sedikit dan ketika saya pertama kali melihatnya, saya sangat berhati-hati. Dari kejauhan mereka (mobil polisi palsu) terlihat nyata. Berpikir Anda harus terus memindahkannya karena orang akan bijak," tulis salah satu pengguna Twitter. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com