Sabtu, 11 Mei 2019 14:10 WIB

Toyota Mau Rilis Mobil Hybrid Lagi, Bisa Lebih Murah dari C-HR?

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota C-HR Hybrid Foto: Pradita Utama Toyota C-HR Hybrid Foto: Pradita Utama
Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan memperkenalkan satu mobil berteknologi hybrid lagi tahun ini. Meski keran informasi mobil tersebut masih tertutup rapat, kira-kira bakal lebih murah daripada pendahulunya tidak ya?

Perlu diketahui, tahun ini tepatnya pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 Toyota memperkenalkan C-HR hybrid. Crossover itu dibanderol mulai dari Rp 493 jutaan sampai Rp 524,8 juta (berbeda Rp 30 juta dibanding versi bahan bakar fosilnya).



"Sebenarnya bisa (mobil hybrid lebih murah harganya). Tapi sekali lagi, kita membutuhkan regulasi, dukungan pemerintah. Seperti pajaknya dan produksi lokalnya. Kalau memang dukungan itu ada, it's not the matter. Bisa apa tidak? Bisa, karena Toyota akan ke sana," kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi di Jakarta.

"Iya, kita akan launch satu lagi mobil hybrid, namun belum bisa diinformasikan modelnya dan sebagainya," lanjut dia.
Toyota sebelumnya dikabarkan akan merilis mobil Sienta hybrid di Indonesia. Mobil itu sudah dilahirkan di Jepang. Namun karena pajaknya masih mahal, Toyota masih mengurungkannya.

SientaSienta Foto: dok Response

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto menambahkan bahwa sejatinya teknologi hybrid bisa saja diadopsi oleh mobil berbensin saat ini. Namun ada berbagai hal yang perlu diperhatikan lebih dahulu.

"Teknologi mesin hybrid itu bisa digunakan di mobil apapun juga, sebab hybrid itu jenis engine. Tapi dengan kita merubah jenis mesin, kita harus lihat platformnya apakah memenuhi dengan mesin baru tersebut. Lantas, drive train-nya juga diperhatikan, bisa atau tidak. Kesesuaian inilah yang bisa membuat kendaraan itu bisa dipasang teknologi hybrid atau tidak," jelas dia.

"Nah, mobil hybrid baru nanti bakal lebih murah daripada C-HR? Tergantung. Apakah nanti produknya memang di atas C-HR, atau di bawahnya. Saya tidak bisa katakan itu sekarang, nanti ya," kata Soerjo lagi.

[Gambas:Video 20detik]



Toyota Mau Rilis Mobil Hybrid Lagi, Bisa Lebih Murah dari C-HR?
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com