Selasa, 07 Mei 2019 10:45 WIB

Mudik Jarak Jauh, Jangan Sampai Mobil Ngadat di Tengah Jalan

Robi Setiawan - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sebelum melakukan perjalanan mudik pada momen Idulfitri nanti, sebaiknya pemudik mulai menyiapkan kondisi kendaraan. Terlebih bagi pemilik mobil yang akan melakukan mudik jarak jauh, memastikan mobil di kondisi prima akan lebih baik daripada harus repot di tengah jalan.

Dengan perjalanan yang lebih jauh dari hari-hari biasa, belum lagi ditambah kondisi jalanan yang bisa sangat padat atau macet saat puncak mudik, beban mobil saat dihidupkan akan bertambah dari biasanya sekitar 8-10 jam sehari bisa menjadi 20-24 jam.

Dengan beban yang lebih berat, perawatan atau persiapan mobil sebelum berangkat mudik adalah hal yang mutlak harus dilakukan. detikcom pun telah merangkum beberapa poin penting yang sebaiknya diperhatikan.

Ban

Si bundar yang seringkali diremehkan, ban. Jangan sampai mengabaikan kondisi ban sebelum mudik. Secanggih apa pun mobilnya, jika ban pecah di tengah perjalanan, maka mobil itu harus ganti ban, atau bahkan diderek karena mendorong mobil tidaklah semudah mendorong motor.

Hal-hal yang bisa dilakukan dalam mengecek ban adalah mulai dari mengecek alur ban, kebocoran, dan memastikan tekanan angin sesuai. Selain itu jika diperlukan lakukan juga spooring dan balancing, atau rotasi ban. Sebagai antisipasi, bawalah juga ban cadangan disertai alat menggantinya.


Rem

Salah satu penyebab kecelakaan lalu-lintas adalah rem blong. Untuk itu bagian kedua yang tak boleh diabaikan saat mengecek mobil adalah rem. Pastikan oli rem masih cukup dan layak digunakan. Selain itu cek juga kondisi kampas rem di bengkel langganan, dan pastikan semuanya bekerja dengan baik.

Tune Up

Selanjutnya adalah tune up. Proses tune up dapat mengembalikan tenaga mesin yang hilang karena pembakaran yang tidak efisien, menghilangkan gangguan pada mesin bensin, dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel. Sehingga ketika mudik, konsumsi BBM mobil tidak berlebihan.

Service

Selain hal-hal itu, service sebelum mudik juga bisa jadi pilihan tepat agar kondisi mobil keseluruhan bisa dideteksi oleh bengkel, mulai dari aki, busi, suspensi, air radiator, oli mesin, AC dan komponen lainnya.

Bagi yang belum memiliki mobil pribadi, sedangkan mudik tahun ini diperkirakan membutuhkan mobil pribadi, Anda bisa menyewanya. Sebelum menyewa, seperti memiliki mobil pribadi, pastikan juga mobil yang disewa dalam kondisi yang baik dan layak digunakan jarak jauh.

Selain menyewa mobil, Anda juga sebenarnya masih sempat untuk membeli mobil baru dengan cara kredit. Memasuki bulan Ramadhan beberapa bank biasanya menawarkan promo khusus yang memudahkan atau menguntungkan pengajuan kredit.

BCA Finance misalnya, saat ini menawarkan program kredit mobil gratis asuransi satu tahun.

"Untuk konsumen yang mengambil promo kredit mobil gratis asuransi satu tahun, berkesempatan untuk mendapatkan gratis asuransi komprehensif di tahun pertama," kata Deputy Director BCA Finance, Carolina Lukito kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Untuk waktunya, ia menjelaskan penawaran ini berlaku mulai 25 April sampai dengan 31 Mei 2019. Syaratnya kendaraannya harus kendaraan penumpang, dengan tenor kreditnya 5 hingga 6 tahun.


"Kalau orang ambil kredit tenor 5 dan 6 tahun, yang mana tidak semua multifinance punya atau bisa membiayai jangka waktu kredit sampai 5 atau 6 tahun. Di BCA Finance 5 dan 6 tahun dikenal dengan program Fix & Cap," katanya.

Carolina menjelaskan waktu tenor yang panjang juga bisa jadi pertimbangan keluarga muda yang tidak ingin terbebani dengan angsuran yang besar.

"Tips saya sih kalau tenor semakin panjang, angsuran pasti semakin kecil. Kan kami harus sesuaikan dengan daya cicil berapa. Artinya kalau kita punya kemampuan cicil berapa, agar cash flow rumah tangga tidak terganggu ambil lah tenor yang lebih panjang agar besar cicilan semakin kecil," katanya.

Belum selesai sampai di situ, ia juga menjelaskan program ini merupakan program add on, artinya konsumen bisa tetap menerima semua benefit dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), atau dari dealer.

"Jadi semua bonusnya, semua harga khususnya itu semua bisa dapat. Kalau dia ambil 5-6 tahun pakai BCA Finance maka dia otomatis mendapatkan kredit gratis asuransi 1 tahun," pungkasnya. (prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com