Rabu, 17 Apr 2019 16:07 WIB

BMW Enggan Buat Mobil Kecil dengan Mercy, Kalau Listrik Mau

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Shanghai - Pihak BMW akhirnya buka suara tentang wacana akan beraliansi dengan kompetitor utamanya, Mercedes-Benz. Disebutkan, produsen mobil mewah asal Jerman itu ogah mengembangkan mobil bersama-sama dengan industri otomotif asal Jerman lainnya.

Hal tersebut dipaparkan Chief Financial Officer BMW, Nicolas Peter sebagaimana dilaporkan Reuters. Dengan begitu jelas sudah bahwa pihak BMW tidak akan beraliansi dengan Mercedes-Benz (Daimler AG).

Tetapi hal itu hanya untuk pengembangan mobil kompak saja. "Kami tidak punya rencana untuk mengembangkan mobil kecil bersama kompetitor dari Jerman," kata Peter di Shanghai Autoshow.


Sehingga masih besar kemungkinan BMW dan Mercedes-Benz akan bergandeng tangan untuk mengembangkan kendaraan listrik yang direncanakan akan mulai gencar dirilis 4 tahun dari sekarang.

BMW maupun Mercedes-Benz bukanlah dua pabrikan pertama yang menyatakan diri untuk berkolaborasi demi pengembangan mobil listriknya. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak usaha patungan antar produsen mobil untuk mendulang keuntungan di masa depan.


Sebelumnya sudah ada Toyota dan Mazda, Toyota dan Suzuki, Ford dengan Volkswagen, BWM dan Toyota untuk pengembangan Z4 dan Supra serta aliansi Nissan-Mitsubishi bersama Renault guna mempermudah transfer teknologi dari masing-masing manufaktur. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com