Rabu, 17 Apr 2019 08:00 WIB

Honda BR-V Makin Tenggelam

Dina Rayanti - detikOto
Honda BR-V. Foto: Dina Rayanti Honda BR-V. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Honda BR-V menjadi salah satu korban dari ekspor si mungil Brio. Memiliki platform yang sama, BR-V harus mengalah pada sang adik agar ekspor Brio buatan Karawang bisa lancar.

Hal itu membuat produksi BR-V pun dipangkas. Hasilnya, BR-V semakin tenggelam karena angka distribusinya semakin kecil. Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Maret 2019 Honda sama sekali tak mengirim BR-V ke diler-dilernya.


Sebulan sebelumnya, hanya dua unit BR-V yang terdistribusi ke diler. Pamor BR-V memang kian menurun sejak tahun 2018. Salah satu faktor yang dituding menjadi penyebab BR-V menurun adalah karena tak ada model baru.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy pun membocorkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat belum ada rencana untuk mengubah total tampilan BR-V.

"Produk tidak bisa berubah banyak. Kalau mau berubah banyak itu full model change sekalian interiornya dan lain-lain. Sampai saat ini ya kita akan bertahan dengan BR-V yang sekarang. Perubahannya sesuai dengan survei yang kita lakukan dahulu," ucap Jonfis.

Menurut Jonfis, desain BR-V yang ditawarkan saat ini masih bisa diterima orang Indonesia meskipun tanpa adanya perubahan signifikan. Penurunan penjualan BR-V ini pun disebut Honda tak berpengaruh banyak. Sebab BR-V menggunakan platform yang sama dengan Mobilio dan juga Brio. Penjualan Brio dan Mobilio masih cukup untuk menopang penjualan Honda.


"Berbicara penjualan, kalau tiga model tersebut digabung (karena satu platform), masih banyak satu bulannya. Jadi kita masih oke, masih bisa berikan benefit," sebut Jonfis. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed