Selasa, 16 Apr 2019 21:20 WIB

Beli Mobil Listrik Sembarangan Konsumen Ini Kecewa

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik Nio ES8  Foto: Dok. Nio Mobil listrik Nio ES8 Foto: Dok. Nio
Jakarta - Wang Haichun warga negara China membeli satu buah unit mobil listrik merk Nio ES8, sebuah SUV electric berkapasitas tujuh penumpang yang diklaim mampu menempuh jarak 335 kilometer untuk satu kali pengecasan.

Melansir reuters, Selasa (16/04/2019) ia mengaku kecewa dengan janji manis mobil listrik china pesaing Tesla ini.



Hal ini ia rasakan ketika melakukan perjalanan sejauh 330 kilometer dari Chongqing ke Changdu dengan Nio ES8 miliknya. Saat melintas di jalan raya ia mengaku memacu kendaraannya di atas 100 km/jam, namun setelah melewati jarak 180 km, hanya 50 km jarak yang tersisa.

"Kami harus mengisi ulang (baterai) mobil sekali lagi dan berkendara dengan tingkat kecemasan yang tinggi, terus-menerus harus mengawasi meteran jarak," ujar pria berusia 44 tahun ini.

"Aku tidak ingin melakukan perjalanan seperti itu lagi, selamanya," jelas Wang.

Berakhir kecewa, akhirnya Wang menjual mobil yang dibelinya seharga $71.700. Ia dan istrinya sejak saat itu membeli SUV Hybrid Lexus NX300h.



Saat dimintai pernyataan dari pengalaman Wang, Nio Inc membalasnya dalam sebuah e-mail kepada Reuters. Perusahaan flagship SUV listrik ini dapat menempuh jarak lebih dari 200 km ketika terus menerus melaju dengan kecepatan 100 km/jam. Namun pernyataan ini tidak mewakili iklan Nia yang dapat menempuh jarak 335 km dengan sekali pengisian penuh.

Dalam kondisi nyata, semua mobil listrik kadang-kadang bisa tak sesuai dengan apa yang diklankan. Terutama saat berkendara jarak jauh di jalan bebas hambatan atau medan berbukit dan dalam kondisi cuaca panas atau dingin, kata insinyur yang tidak disebutkan namanya. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed