Selasa, 16 Apr 2019 18:06 WIB

Nissan: Indonesia Belum Butuh Fitur Sunroof di Serena

Luthfi Anshori - detikOto
Nissan Serena Foto: Luthfi Anshori Nissan Serena Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Sejak diperkenalkan Februari 2019 lalu, All New Nissan Serena langsung berhadapan dengan Toyota Voxy di segmen high MPV. Generasi kelima Nissan Serena ini turut membawa sejumlah fitur pertama di kelasnya seperti pintu geser otomatis(intelligent sliding door) atau fitur intelligent around view monitor. Meski demikian, Serena baru ini juga dikritik karena tidak punya fitur sunroof (atap kaca) seperti yang ada di Toyota Voxy.

Menanggapi hal ini, Senior Manager R & D PT Nissan Motor Indonesia Jauhari Adzannis, mengatakan konsumen di Indonesia belum terlalu membutuhkan fitur ini. Sebab di Indonesia karakter konsumen dan cuacanya berbeda.



"Jadi sebenarnya ini mobil ini kami desain berdasarkan keinginan konsumen. Dari studi lama, konsep mobil keluarga apanya yang penting? Di sini kami melihat harus ada entertainment, makanya ada roof monitor (di All New Nissan Serena). Itu pertimbangannya," kata Jauhari, di Bogor, Senin (15/4/2019).

Ditambahkan Jauhari, fitur sunroof di Indonesia sebenarnya kurang cocok diterapkan di mobil keluarga. "Berdasarkan survei, sunroof itu nggak signifikan (fungsinya). Apalagi cuaca di Indonesia panas juga," lanjut Jauhari.

Toyota VoxyToyota Voxy Foto: Rangga Rahadiansyah


Sekadar mengingatkan, sebelumnya di Nissan Serena Highway Star C26, fitur atap kaca ini sudah ada. Namun namanya panoramic roof, jadi kaca tidak bisa dibuka. Sedangkan untuk sunroof, kacanya bisa dibuka.

Kalau menurut detikers bagaimana? Seberapa penting fitur sunroof atau panoramic roof di segmen mobil high MPV?

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed