Jumat, 12 Apr 2019 08:41 WIB

Nggak Banget! Merokok Bikin Mobil Bau dan Susah Dijual Lagi

Ruly Kurniawan - detikOto
Merokok dalam mobil. Foto: Carbuyer
Jakarta - Selebriti Hamish Daud menyatakan kesetujuannya tentang aturan larangan merokok saat berkendara, khususnya para pengguna mobil. Sebab, tingkah laku tersebut bisa merugikan diri sendiri dan sangat mengganggu orang banyak.

"Saya setuju banget. Ngapain pula berkendara sambil merokok, lalu buang sampahnya sembarangan. Ganggu penumpang, pengguna jalan lain, mobilnya juga bisa bau sehingga bakalan susah dijual lagi (bau rokok sulit hilang)," katanya di Jakarta, Kamis (11/4/2019).



"Bagi saya, merokok di dalam mobil itu nggak banget. Kenapa tidak di tempat tertentu aja?" lanjut Hamish.

Namun dirinya juga menyadari bahwa menumbuhkan perilaku tertib berlalu lintas di Indonesia cukup sulit. Entah karena budayanya atau mungkin jalanan yang mendukung untuk membakar rokok saat berkendara.

Perlu diketahui, larangan berkendara sambil mengemudi tertuang di Pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Merokok merupakan salah satu aksi yang bisa mengganggu konsentrasi berkendara.



Berikut bunyi Pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ):

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)."

Sedangkan aturan tidak boleh merokok bagi pengendara motor diperjelas dalam Pasal 6 huruf (c) Permenhub No 12 Tahun 2019 yang berbunyi: "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor." (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com