Kamis, 11 Apr 2019 18:14 WIB

Coba BMW X5 Terbaru, Hamish Daud: Sedan Saja Nggak Secepat Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Hamish Daud (paling kiri) berbincang dengan manajemen BMW Indonesia Foto: Grandyoz Zafna Hamish Daud (paling kiri) berbincang dengan manajemen BMW Indonesia Foto: Grandyoz Zafna
Jakarta - Hamish Daud Wyllie dalam beberapa kesempatan terlihat menggunakan mobil BMW. Dia pun hadir saat peluncuran mobil BMW X5 terbaru di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Usai seremoni, Hamish berkomentar tentang mobil Sport Activity Vehicle (SAV) pertama dari BMW itu. Mengaku sempat menjajalnya, aktor yang juga suami Raisa Andriana itu dibuat kagum.

"I love it. Banyak banget yang berubah. Yang menarik untuk saya, mobil ini punya torsi yang luar biasa dan automatic suspension. Man! ini tuh SAV tapi tarikannya dari 0-100 km/jam hanya 5,5 detik. Mobil sedan sekarang saja mayoritas tidak secepat itu," ucap Hamish kepada beberapa wartawan.



"Dan mobil ini juga bisa banget dipakai untuk offroad. Space belakang besar, bisa taruh macam-macam. Cocok lah dengan keluarga," lanjut dia.

Berbagai ubahan pada X5 baru ini juga dinilai Hamish bukan 'kaleng-kaleng' alias berfungsi semua. Misalnya fungsi lain sunroof yang dapat membuat suasana kabin lebih luas, sudut dashboard sampai layar infotainment yang pas (menghadirkan sheer driving pleasure), exhaust yang bukan tempelan, sampai grill depan yang dapat buka-tertutup tergantung kebutuhan mesin.

"Jadi overall package bagus banget, lengkap. Dari jauh, mungkin untuk orang yang kurang mengerti menganggap 'yah oke, BMW dengan desain khasnya.' Tapi bila diperhatikan sedikit lebih detil saja, itu luar biasa banget. Apalagi kalau dikemudikan," ujar Hamish.

"BMW benar-benar detilnya gila sih, teknologinya (perpaduan semua fungsi) saya rasa belum ada yang kalahin," tutup dia.

Perlu diketahui juga, generasi keempat dari X5 ini memiliki banyak perbedaan. Misal saja lampu depan laserlight, dimana fitur ini baru pertama kali digunakan di mobil BMW yang ditawarkan di Indonesia. BMW pertama kali menawarkan laser light di model hybrid i8, namun unit yang dijual di Indonesia belum menggunakan fitur itu.


X5 di Indonesia juga merupakan mobil pertama BMW yang memakai operating system 7.0 sebagai pendukung monitor tengah. Sebelumnya, mobil BMW di dalam negeri paling top memakai sistem iDrive 6.0.

Mobil ini memiliki sistem suspensi udara yang kini bisa diatur ketinggiannya secara manual dari dalam kabin. Mobil ini punya ground clearance 20,3 cm, namun bisa sekarang diatur 4 cm ke atas atau ke bawah tergantung kebutuhan perjalanan. BMW juga telah merevisi eksterior, sekarang tampilannya lebih bersudut namun telah diusahakan tidak kehilangan karakter asli X5. Wajah baru kentara dari desain kidney gril yang menyatu hingga terlihat mendominasi visual depan.

Di kabin, penumpang bakal merasakan nuansa baru karena kaca panoramic yang membesar 30 persen dari sebelumnya. Selain itu dukungan 10 speaker HiFi juga mendukung pilihan hiburan kabin semakin maksimal.

Buat pengemudi, operating system 7.0 memudahkan mengatur tampilan monitor tengah lebih informatif. Kontrol monitor juga dipermudah dengan sensor gestur dan suara. Layar di instrument cluster sekarang semuanya LED, menawarkan sajian informasi yang lebih atraktif dan lebih mudah terlihat.

Suspensi udara pada mobil ini juga dapat merendah otomatis saat pintu belakang terbuka, fungsinya agar memasukkan barang ke bagasi belakang jadi lebih mudah. Kapasitas bagasi aslinya 645 liter namun bila jok tengah dilipat jadi meningkat menjadi 1.860 liter. BMW Group Indonesia menjual X5 xDrive40i xLine seharga Rp1,489 miliar off-the-road. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya