Mobil Kembar tapi Beda Harga

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 11 Apr 2019 11:02 WIB
Nissan Livina kembaran Mitsubishi Xpander. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ungkapan serupa tapi tak sama tampaknya cocok disematkan pada mobil-mobil kembar di Tanah Air. Meski wujudnya berbeda tipis namun bicara fitur dan harga keduanya justru berbeda. Terdapat beberapa mobil kembar yang dijual di Indonesia. Mobil kembar paling banyak digarap duet Toyota-Daihatsu.

Keduanya melahirkan beberapa model seperti Agya-Ayla, Calya-Sigra, Avanza-Xenia, hingga Rush-Terios. Kemudian yang terbaru ada Nissan Livina namun wujudnya identik dengan Xpander.


Soal harga ditentukan berdasarkan kebijakan masing-masing pabrikan. Sebagai perbandingan Toyota Agya misalnya dijual dengan harga mulai Rp 136,95 juta untuk varian termurahnya. Sedangkan harga termahal Agya mencapai Rp 157,35 juta. Sedangkan Ayla dijual Daihatsu dengan harga lebih murah yakni mulai Rp 98,15 juta. Daihatsu menjual Ayla termahal seharga Rp 151,85 juta.

Kemudian beralih ke LCGC 7-seater Calya-Sigra. Calya yang hanya memiliki tiga varian dijual dengan rentang harga Rp 138,85 juta sampai Rp 156,4 juta. Sementara Sigra punya 10 varian dengan banderol harga lebih murah yakni Rp 114-154,75 juta. Mobil sejuta umat Toyota Avanza juga punya harga yang berbeda dari kembarannya Xenia.

Kalau Avanza ditawarkan mulai Rp 191,1 juta, Daihatsu membanderol Xenia dengan Rp 186,65 juta untuk varian terendahnya. Avanza juga memiliki varian yang lebih mahal lewat Veloz. Pada dasarnya Avanza dan Veloz sama hanya ada beberapa perbedaan fitur dan tentunya harga. Harga Veloz paling mahal menyentuh Rp 239,45 juta. Xenia tipe termahal ada di varian 1.5 R Deluxe seharga Rp 228,5 juta.


Masih dari duet Toyota-Daihatsu, mobil kembar lainnya adalah Rush-Terios. Rush punya empat tipe yang dijual mulai Rp 244,25 juta. Varian yang ditawarkan Daihatsu pada Terios lebih banyak yakni mencapai sembilan. Hargnya bervariasi mulai dari Rp 202,3 juta sampai Rp 256,9 juta.

Terakhir mobil kembar yang menjadi fenomena baru adalah Xpander dan Livina. Nissan mengambil platform Xpander untuk digunakan pada Livina terbaru dengan harapan bisa mencetak penjualan yang besar. Meski begitu, keduanya terus bersaing terutama dari sisi harga. Lima varian Livina dirilis Nissan untuk menggoda masyarakat Indonesia.


Banderol harga Livina pun bersaing dengan sang kembaran. Livina dijual lebih murah dari Xpander yakni mulai Rp 198,8 juta.

Xpander sendiri varian terendahnya dijual seharga Rp 206,1 juta. Tapi angka justru berbalik pada varian tertinggi. Livina varian teratas dijual dengan harga Rp 261,9 juta sementara Xpander lebih murah sedikit yaitu Rp 260,9 juta.



Tonton video terbaru Otobuzz yang mengulik mobil-mobil di Indonesia berikut ini:

(dry/rgr)