SUV Listrik Mitsubishi, Kelihatannya Tangguh

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 10 Apr 2019 18:13 WIB
Foto: Dok. Mitsubishi
Shanghai - Mitsubishi akan memamerkan konsep SUV bertenaga listrik di Shanghai Auto Show pekan depan. SUV bertenaga listrik itu bernama e-Yi Concept.

Mobil memiliki konfigurasi tiga baris kursi. Nama 'e' menunjukkan Electric, Explore, Experience dan Engage. Sedangkan 'Yi' diambil dari karakter China yang berarti kuat, tahan lama dan indah.



Konsep ini menampilkan SUV generasi berikutnya, mungkin menjadi cikal bakal penerus Outlander PHEV. Konsep ini juga memamerkan teknologi kelistrikan dan penggerak AWD Mitsubishi serta Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Konsep e-Yi bukan benar-benar mobil listrik. Konsep ini sebenarnya adalah kendaraan berteknologi plug-in hybrid yang digerakkan oleh sistem Twin Motor Mitsubishi. Adapun penggeraknya adalah mesin bensin 2.400 cc yang bertugas sebagai generator dan dua motor listrik bertenaga tinggi. Baterai berkapasitas besar dipasang di bawah lantai di tengah mobil.



Mitsubishi mengklaim Twin Motor dengan sistem AWD mendapat keuntungan dari seri Lancer Evolution. Mobil menggunakan Active Yaw Control (ATC) untuk menyesuaikan torsi.

Menurut Mitsubishi, e-Yi dapat menempuh jarak 70 km dalam mode EV atau hanya mengandalkan tenaga listrik yang disimpan di baterai. Sementara total jarak yang bisa ditempuh mobil ini lebih dari 700 km. Mobil merupakan versi lain dari Engelberg Concept yang diperlihatkan di Geneva Motor Show bulan Maret lalu. (rgr/ddn)