Rabu, 10 Apr 2019 13:23 WIB

Mulusnya Uji Tipe Mobil Esemka

Luthfi Anshori - detikOto
Logo mobil Esemka Foto: dok detikOto Logo mobil Esemka Foto: dok detikOto
Jakarta - Sebanyak 8 tipe mobil Esemka telah lulus Uji Tipe di Kementerian Perhubungan. Kepala Balai Sertifikasi Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani, mengatakan tidak ada kendala sama sekali saat melakukan Uji Tipe terhadap mobil Esemka.

"Kendala saat uji tipe (mobil Esemka) tidak ada," ujar Caroline, melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (10/4/2019). Ditambahkan Caroline, 8 tipe mobil Esemka diklaim sudah lulus Uji Tipe sejak tahun lalu, dan untuk tahun 2019 ini, belum ada lagi pengujian untuk mobil Esemka.

"Prinsipnya, setelah dapat Surat Perintah Uji dari Direktorat Sarana, semua kendaraan diuji sesuai ketentuan. Dan sejak 1 April 2016 sudah dilakukan secara online melalui VTA (Vehicle Type Approval) on line," lanjut Caroline.



Sebelumnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika pada Oktober 2018 lalu mengatakan Esemka masih perlu diuji lagi dengan aturan emisi yang baru.

Permasalahannya, saat pengujian emisi, Esemka masih menggunakan standar yang lama yakni Euro2. Padahal per Oktober 2018, di Indonesia sudah mulai berlaku standar emisi Euro4.

"Penerbitan TPT untuk 6 tipe kendaraan bermotor PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) tersebut dilakukan di kisaran Juli-Agustus 2017. Dimana saat itu pengujian emisi masih menggunakan standar Euro 2. Dengan diberlakukannya standar Euro 4 per-Oktober 2018, maka kendaraan terkait harus diuji ulang di Kemenhub. Adapun terkait uji emisi adalah merupakan kewenangan dari Kemenhub," kata Putu.



Sebagai informasi, model Esemka yang dinyatakan lulus uji adalah BIMA 1.0 (4 × 2) MT, BIMA 1.3 L (4 × 2) MT untuk mobil barang. Dan tipe penumpangnya yaitu GARUDA I 2.0 (4 × 4) MT.

Dan masih ada beberapa model lain yang sudah selesai seperti BIMA 1.3 (4 × 2) M / T, BIMA 1.8D (4 × 2) M / T, NIAGA 1.0 (4 × 2) M / T, DIGDAYA 2.0 (4 × 2) M / T, dan BORNEO 2.7D (4 × 2) M / T. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com