Jumat, 05 Apr 2019 15:20 WIB

Toyota: Avanza Jadi Satu-satunya Mobil yang Dijual Untung

Dina Rayanti - detikOto
Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Mobil sejuta umat Toyota Avanza memang masih unggul baik di pasar mobil baru maupun bekas. Terlihat dalam data distribusi penjualan mobil baru, Avanza terus berada di posisi teratas. Begitu juga di pasar mobil bekas.

Dalam studi beberapa situs penjualan mobil bekas. Avanza masih bisa mempertahankan posisinya. Disebutkan Toyota salah satu faktor yang membuat Avanza masih terus bisa bertahan ada harga jual kembalinya. Bukan rahasia umum lagi orang Indonesia masih mempertimbangkan harga jual kembali sebelum membeli mobil.


Meski mobilnya bekas, diharapkan masih bisa dijual dengan harga tinggi.

"Harga jual kembalinya yang udah terbukti dari tahun 2004. Satu-satunya mobil yang bisa dijual untung kan Avanza," sebut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto ketika berbincang dengan detikcom, di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (4/4/2019) malam.

Di Indonesia, Avanza memang masih menjadi tulang punggung bagi Toyota. Penjualannya mendominasi dibandingkan model lainnya. Produsen lain yang memiliki produk serupa pun belum ada yang mampu menyaingi pencapaian Avanza hingga dijuluki mobil sejuta umat.


Toyota sendiri membuka awal tahun 2019 dengan mengenalkan Avanza versi terbaru. Padahal kala itu jualan Avanza tak buruk, masih bisa menungguli para kompetitornya di segmen Low MPV.

"Avanza walaupun bentuk eksteriornya masih yang lama kan jualan masih 6.000-7.000. Terus kemudian jadi baru bisa mencapai angka 8.000 bahkan inden SPK mencapai 18.000, jadi animo masyarakat terhadap pilihan engine, penggerak roda, kemudian dengan tambahan eksterior baru itu menarik buat mereka," tutup Soerjo.



Simak Juga 'Menjajal Avanza yang Lebih Segar':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com