Senin, 01 Apr 2019 16:36 WIB

Bakal Punya Pabrik, Hyundai Juga Produksi Mobil KIA di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai direncanakan bakal memiliki basis produksi mobil untuk pasar domestik dan ekspor ke luar negeri. Seperti yang diketahui KIA merupakan saudara kandung Hyundai.

Secara global di Korea Selatan, KIA dan Hyundai memang saling berbagi platform. Tapi, itu hanya secara global di pusat. Sementara untuk produksi mobil bersama Hyundai di Indonesia, Deputy Marketing Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja mengatakan tidak mengarah ke sana.



"Tidak, sejauh yang saya temukan tidak pernah disebutkan berbarengan (Kia). Jadi Hyundai saja," ujar Hendrik di Gedung Hyundai, Simprug, Jakarta Selatan, Senin (01/04/2019).

Lebih lanjut, Hendrik mengatakan sebagai basis produksi, pabrik Hyundai di Indonesia bukan tidak mungkin untuk diekspor ke pasar global. Namun untuk informasi lebih lanjut, ia tak dapat memastikannya.

Soal model yang bakal diproduksi, seperti yang diungkapkan Hendrik bahwa prinsipal tentu bakal melihat pasar yang terbesar di Indonesia terlebih dahulu.



"Yang pasti HMC akan melihat produk apa yang akan terbanyak terjual di Indonesia, memang benar segmen medium terbesar di Indonesia, HMC akan mengarah ke sana, bisa SUV atau MPV, kira-kira itu yang akan dibidik," ungkap Hendrik.

"Semua kemungkinan itu termasuk city car pun itu menjadi satu bahan yang dipelajari, apalagi city car kita juga punya banyak model. Demikian juga SUV dan MPV, yang pasti HMC akan terus mempelajari," tandas Hendrik. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com