Rabu, 27 Mar 2019 18:58 WIB

Mobil-mobil 'Korban' Mitsubishi Xpander

Dina Rayanti - detikOto
Mitsubishi Xpander. Foto: Rangga Rahadiansyah Mitsubishi Xpander. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Kelahiran Low MPV Xpander menjadi fenomena tersendiri bagi produsen berlogo tiga berlian itu. Penjualan Xpander membludak, konsumen yang menginginkan pesaing Toyota Avanza itu pun harus rela mengantre berbulan-bulan demi mendapatkan mobil impiannya itu.

Mitsubishi XpanderMitsubishi Xpander Foto: Dok. Mitsubishi


Belum habis sampai di situ, Xpander yang diproduksi di kawasan Cikarang juga dikirim ke luar negeri. Tentu pabrik tersebut harus memproduksi Xpander lebih banyak demi memenuhi kebutuhan akan Xpander.


Rupanya di balik membludaknya pesanan terhadap Mitsubishi Xpander, ternyata harus ada yang dikorbankan. Pajero Sport misalnya. Mitsubishi sudah mengumumkan untuk mengimpor sementara Pajero Sport dari Thailand karena line produksi digunakan untuk memproduksi Xpander.

"Saat ini kami bekerja keras untuk memperluas perlengkapan produksi serta meningkatkan tenaga kerja di MMKI (PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia), namun untuk segera memenuhi permintaan yang telah ada, kami berkonsultasi dengan pemerintah untuk dapat melakukan impor sementara untuk Pajero Sport dari Thailand dan mempergunakan lini produksinya untuk memproduksi Xpander," tulis pernyataan resmi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Desember lalu.

Pajero Sport memang sebelumnya didatangkan dari Thailand, namun sejak tahun 2017 beberapa model sudah dilokalkan. Selain Pajero Sport, karena fokus memenuhi permintaan Xpander Mitsubishi juga belum kepikiran akan model baru Mirage dan Outlander Sport.

Foto: Rachman Haryanto


Soal Mirage, Mitsubishi memang telah menghentikan penjualannya. Alasannya karena Mirage kalah saing dengan mobil-mobil LCGC yang dijual dengan harga lebih murah. Kemudian Outlander Sport juga sedikit terbengkalai. Penjualan Outlander Sport, tahun berganti tahun terus menurun.

MirageMirage Foto: Mitsubishi



"Jujur saja, kami belum ada rencana untuk meneruskan atau memperkenalkan mobil perkotaan (city car) Mitsubishi Mirage ataupun Outlander Sport baru di pasar Indonesia. Kami sudah memutuskan untuk terus meningkatkan kapasitas produksi Xpander di pabrik perakitan kami," sebut Direktur Penjualan & Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed