Selasa, 26 Mar 2019 18:17 WIB

Suzuki Indonesia Ogah Komentari Ertiga Berlogo Toyota

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi Ertiga beremblem Toyota. Foto: Ilustrasi Fuad Hasim
Jakarta - Pabrikan otomotif raksasa asal Jepang, Toyota dan Suzuki, menjalin kasih dengan memperluas kemitraan teknologi di bidang baru agar lebih efisien. Kerja sama tersebut masih berlangsung di beberapa negara seperti India, belum masuk Indonesia.

Pada pernyataan resminya, salah satu kemitraan tersebut akan menghasilkan mobil MPV baru yang dijual dengan logo Toyota dan Suzuki. Namun mobil baru dijual secara ekslusif di India.


Menanggapi hal ini, Suzuki Indonesia lewat Agen Pemegang Merek (APM)-nya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih tutup suara. Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran 4W Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan bahwa kebijakan itu dapat saja terjadi namun semua keputusan berada pada Suzuki Global.

"Itu kan di sana, di sini ya kami bersaing dengan sehat," kata dia di peluncuran Suzuki Ertiga Sport, Kota Kasablanka, Jakarta.

"Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu lebih jauh (kerja sama Toyota-Suzuki). Bukan kompetensi saya. Nanti saja ditanyakan kepada pihak Suzuki Global saat pameran Motorshow, mereka datang kok," tambah Donny.

Selain bakal memproduksi mobil keluarga, Toyota dan Suzuki juga berkerjasama dalam mengembangkan mobil rendah emisi. Toyota akan memasok teknologi hybrid untuk digunakan secara global oleh Suzuki. Selain itu, Toyota akan memberikan dua kendaraan listrik kepada Suzuki, yakni mobil berbasis RAV4 dan Corolla Wagon di Eropa. Serta Suzuki India akan mendapat manfaat dari teknologi hybrid.


Sebagai imbalannya, Suzuki akan memasok dua mobil berukuran compact untuk Toyota. Dilansir Motor1, Suzuki Ciaz dan Ertiga akan direbadge memakai logo Toyota di India.

Juga, Toyota akan menerima mesin Suzuki untuk mobil compact dan akan memproduksinya di Polandia untuk kemudian dijual di Eropa. Toyota juga akan me-rebadge Baleno, Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga di Afrika. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com