Senin, 25 Mar 2019 14:23 WIB

Mobil-mobil Ini Pernah Jadi Armada ISIS

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dinyatakan kalah total di wilayah Suriah oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). ISIS dalam operasinya sering menggunakan armada kendaraan roda empat.

Ada beberapa mobil yang sempat dijadikan armada untuk ISIS. Pada 2015 lalu, kelompok ISIS di Suriah merilis video propaganda yang memperlihatkan armada mobilnya. Mereka memakai mobil-mobil Toyota.



Dalam video yang dirilis Ansar al-Sharia empat tahun lalu itu, partisan dari ISIS, mobil-mobil Toyota itu dipasangi dengan lampu sirine.

Adapun mobil yang dipakai ISIS sebagian besar adalah Toyota Land Cruiser. Ada juga pikap Toyota Hilux dan sedan Camry.



Saat itu, ISIS membawa mobil-mobil ini untuk parade di luar kota Benghazi, Libya. Terlihat di video itu, pria, wanita dan anak-anak melambaikan tangan ke arah konvoi mobil yang membawa bendera hitam ISIS.

Sementara itu, kekalahan ISIS di wilayah Suriah oleh Pasukan Demokratik Suriah menandai berakhirnya kekhalifahan kelompok radikal itu atas wilayah-wilayah Irak dan Suriah yang dikuasai selama hampir lima tahun terakhir. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed