Senin, 25 Mar 2019 10:15 WIB

Head Unit Gede Disebut Ganggu Konsentrasi, Wuling: Tak Ngaruh

Ruly Kurniawan - detikOto
Head unit besar Wuling Almaz. Foto: Rangga Rahadiansyah Head unit besar Wuling Almaz. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Dewasa ini, head unit atau layar hiburan di mobil berukuran besar kian ngetren. Bahkan ada beberapa yang ukurannya sebesar tablet. Walau tampak modern, dikhawatirkan hal tersebut malah mengganggu konsentrasi pengemudi.

Tentang hal ini pihak Wuling Motors Indonesia angkat suara. Sebab, salah satu model terbarunya yakni Wuling Almaz memiliki ukuran head unit yang besar (10,4 inchi). Disebutkan, besaran head unit tidak berpengaruh banyak untuk mengganggu konsentrasi pengendara saat mengoperasikan kendaraan.



"Yang mengganggu itu sebenarnya bukan head unit, tetapi handphone. Jadi ya menurut saya kebiasaan orang saja," kata After Sales Technical Manager Wuling Motors, Fanda Dritanto di Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Dirinya juga mengatakan bahwa belum ditemukan calon konsumen Wuling Almaz yang mengeluh kurang konsentrasi saat berkendara karena head unitnya besar.

"Jadi tidak berpengaruh, yang ganggu konsentrasi berkendara itu handphone. Lagi pula, perkembangan otomotif global kan sekarang head unit makin besar," tegas Fanda lagi.

"Indonesia juga kan belum punya industri otomotif sendiri, kita masih mengikuti tren global (head unit besar di Indonesia juga mengikuti tren global)," lanjutnya.



Sebagai informasi, head unit besar pada Wuling Almaz bukan hanya pajangan agar terlihat lebih modern mengikuti tren mobil di luar negeri. Namun di sana tersaji berbagai informasi dan perintah mulai dari pengaturan AC, mengatur sensor pada mobil, penampang kamera 360 derajat, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), mirroring Wuling Link, dan fungsionalitas mobil lainnya.

Tidak hanya soal head unit dari sisi keamanan pun sudah tersemat fitur tercanggih di kelasnya seperti Traction Control System (TCS), Auto Vehicle Holding (AVH), Electronic Distribution, Brake Assist, Hill Hold Control, Anti-lock Braking System, Electronic Brake force Distribution, Electronic Stability Control, Tire Pressure Monitoring System, Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal.

Seperti mobil mewah lainnya, Almaz juga telah memiliki fitur Cruise Control serta Keyless Entry & Keyless Remote beserta Start-Stop Button. Mode berkendara juga dihadirkan namun hanya dua saja yakni eco dan sport. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com