Ingin Ubah Ertiga Lama Jadi Varian Sport? Ini Biayanya

Ruly Kurniawan - detikOto
Jumat, 22 Mar 2019 15:20 WIB
Suzuki Ertiga Sporty Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperbolehkan pemilik Suzuki Ertiga lama mengubah tampilannya jadi Suzuki Ertiga Sport. Namun biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Sekitar Rp 22 juta harus disiapkan.

Head of Sparepart PT Suzuki Indomobil Sales 4W, Ignatius Ratrianto menjelaskan, bila ingin mengubah Suzuki Ertiga lama jadi Ertiga Sport siap-siap untuk mengeluarkan dana sangat besar. Bahkan lebih mahal dibanding membeli unitnya itu sendiri yang bedanya sekitar Rp 11 juta (selisih harga Ertiga varian GX dengan Ertiga Sport).



"Bisa saja, sparepart nya sudah kita sediakan. Namun memang lebih mahal dibanding beli unit Suzuki Ertiga Sport langsung. Jadinya mobil tidak value for money," ucapnya di peluncuran Suzuki Ertiga Sport di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Secara detil, akan ada 13 bagian yang harus diubah untuk jadi Ertiga Sport. Bila dirinci, banderolan semuanya adalah Rp 22.400.500 (termasuk pemasangan dan pengecetan). Tapi bila ingin dipasang dan dicat sendiri, harga seluruh sparepart adalah Rp 17.850.500.



Harga tersebut terdiri dari Emblem Suzuki Sport, Side Under Spoiler (PREMIER), Lamp Assy, DRL set dengan Bezel Fog Lamp, Rear Upper Spoiler (PREMIER), Spoler Set di depan dan bawah, Spoiler Set di belakang dan bawah, Grill dengan Radiator Lower, Grill dengan Radiator Upper (dengan logo S), Garnish l/p CTR, Head Unit Touch Screen Set, Bracklet Comp dan Tuner R/L, Emblem Suzuki Sport, serta kamera belakang.



Bila ingin lebih murah, detikers bisa juga mengubah Ertiga lama ke versi Sport tanpa audio yang harganya akan menjadi Rp 17.520.500 (tanpa pemasangan dan pengecatan jadi Rp 13.172.500).

Sebagai informasi, Suzuki Ertiga Sport dibanderol mulai dari Rp 241 juta sampai Rp 251,5 juta on-the-road Jabodetabek. (ruk/lth)