Kamis, 21 Mar 2019 15:35 WIB

Ternyata Ini Sebabnya Xpander Bisa Salip Fortuner di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya Ekspor Xpander. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mitsubishi tak hanya memproduksi Xpander untuk memenuhi konsumen dalam negeri. Setelah meluncur di Indonesia pada Agustus 2017, Mitsubishi memenuhi janjinya untuk mengirim Xpander ke luar negeri tujuh bulan kemudian tepatnya pada April 2018.

Xpander kala itu simbolis dikirim ke Filipina. Kemudian diketahui dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) negara tujuan ekspor Xpander bukan cuma ke Filipina. Tercatat Xpander terkirim ke daerah-daerah di kawasan ASEAN hingga Amerika Latin.


Memasuki awal tahun 2019, ekspor Xpander tampak meningkat. Bahkan melebihi Toyota Fortuner yang selama ini cukup mendominasi ekspor mobil-mobil buatan Indonesia.

Ketika dikonfirmasi, pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) pun mengaku Xpander buatan Cikarang disukai di beberapa negara ASEAN.

"Kami gembira bahwa Xpander diterima dengan baik di Filipina, Thailand dan Vietnam. Kami berkomitmen untuk memenuhi permintaan yang kuat dari pelanggan baik di Indonesia maupun di luar Indonesia," tutur MMKI HR & GA Director Prianto melalui surat elektronik kepada detikcom, Kamis (21/3/2019).

Dalam data ekspor Gaikindo sepanjang bulan kedua tahun 2019, Mitsubishi pada bulan Februari mengirim 5.805 unit Xpander, sedangkan Fortuner 3.668 unit. Angka yang ditorehkan Xpander itu mengalami kenaikan dari Januari yang hanya mencapai 4.329 unit. Sementara Fortuner malah cenderung menurun dari sebelumnya 3.886 unit.


Sekadar informasi, sepanjang tahun 2018 Fortuner duduk di tempat teratas mobil buatan Indonesia yang paling laris di luar negeri. Toyota tercatat mengirim 52.065 unit Fortuner ke puluhan negara. Sementara Xpander yang baru memulainya pada April 2018, ekspornya mencapai 26.342 unit.

Video Varian Baru Xpander

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com