Kamis, 21 Mar 2019 08:31 WIB

Kredit Mobil Bekas dengan Gaji Rp 4 Juta, Bisa Disetujui Leasing?

Luthfi Anshori - detikOto
Showroom mobil bekas di Bekasi. Foto: Luthfi Anshori Showroom mobil bekas di Bekasi. Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - Mobil bisa menjadi kebutuhan primer bagi orang yang sudah berkeluarga. Meskipun hanya mampu mobil bekas, itu tak mengapa. Karena tidak akan menghilangkan fungsi mobil sebagai kendaraan yang bisa mengangkut orang banyak.

Tapi jika penghasilan per bulan cuma mentok di angka Rp 4 jutaan, kira-kira bisa menyisihkan sedikit uang buat bayar cicilan nggak ya? Atau apakah leasing akan menyetujui calon konsumen yang ingin kredit mobil dengan gaji terbatas?

Menurut Sales Supervisor Mobil88 Bekasi, Sandi Kurnia, lembaga pembiayaan bisa saja setuju dengan kredit yang diajukan calon konsumen berpenghasilan Rp 4 jutaan. Tentunya dengan beberapa catatan.



"Misalnya dia harus karyawan tetap. Karena si leasing bisa menggali informasi di perusahaan tempatnya bekerja. Dan lagi jika karyawan tetap maka potensi dia untuk resign kecil," kata Sandi.

Kedua adalah status hubungan dan kondisi si calon konsumen itu sendiri. "Kalau dia belum menikah, dengan gaji Rp 4 juta per bulan masih masuklah untuk bayar cicilan. Nah kalau dia sudah menikah, setidaknya ada penghasilan lain. Misal dari istrinya atau orangtuanya yang masih produktif," lanjut Sandi.



Bicara proses persetujuan, menurut Sandi tidak akan memakan waktu lama. Kalau calon customer tersebut membayar dengan DP normal (25 persen) maka akan lebih cepat diproses. Tapi jika calon kustomer pakai DP minimal (Rp 10 juta) waktunya sedikit lebih lama.

"Dari hari pertama SPK, proses approval paling 2 hari kelar. Itu dengan DP normal. Tapi kalau pakai DP minimal, paling 4 hari sudah ada keputusan. Mengapa lama? Karena kalau DP minim, leasing harus menggali informasi lebih banyak," pungkasnya. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed