Rabu, 20 Mar 2019 19:59 WIB

Head Unit Segede Gaban Bisa Ganggu Konsentrasi Nyetir

Dina Rayanti - detikOto
Head unit pada BMW X3. Foto: Dina Rayanti Head unit pada BMW X3. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Head unit berukuran besar sepertinya tengah ngetren di Indonesia. Beberapa pabrikan pun menyajikan head unit berkuran besar sebagai pemanis di bagian interior mobil. Bahkan ada beberapa yang menghadirkan head unit sebesar ukuran tablet.

Dengan head unit berukuran besar, tentu melihat sistem hiburan hingga navigasi pun lebih jelas dibandingkan yang ukurannya kecil. Namun penggunaan head unit berukuran besar harus diwaspadai karena bisa mengganggu konsentrasi si pengendara.


"Basicly hampir semua mobil udah ada layar medianya kalau ukuran depends dari kebutuhan. Kalau di BMW menurut kami itu bisa mendistract, malah bisa juga membahayakan," ungkap Product Planning BMW Group Indonesia Anindyanto Dwi Kumoro disela-sela test drive BMW X3 sDrive20i, Qbig BSD, Tangerang, Rabu (20/3/2019).

BMW sendiri baru merilis X3 varian termurah yang mengusung layar sentuh berukuran 10,25 inchi disertai layar MID beresolusi tinggi dengan ukuran 8,8 inchi. Layar hiburan tersebut sudah tersambung dengan BMW Navigation system professional, DVD Drive, iDrive Touch Controller, BMW Gesture Control sehingga bisa dioperasikan dengan gestur tangan, BMW Apps, Hands-free facility with USB interface termasuk Bluetooth, koneksi AUX-in, wireless telephony, koneksi streaming audio, hingga kontrol suara.


Head unit Wuling AlmazHead unit Wuling Almaz Foto: Rangga Rahadiansyah


Head unit berukuran besar tak hanya dimiliki mobil premium. Baru-baru ini Wuling pada SUV perdananya Almaz juga menyajikan head unit besar. Almaz memiliki head unit berukuran 10,4 inchi yang sangat mirip dengan tablet. Head unit pada Almaz bahkan mirip dengan mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com