Rabu, 20 Mar 2019 13:07 WIB

Oplet 'Si Doel' Seharga Toyota Fortuner

Luthfi Anshori - detikOto
Oplet Foto: Pradita Utama Oplet Foto: Pradita Utama
Jakarta - Beriringan dengan acara Busworld South East Asia 2019, diselenggarakan juga acara Indonesia Classic N Unique Bus. Yang menarik, acara ini juga menghadirkan mobil jadul dari berbagai lintasan zaman.

Salah satu yang menarik perhatian mata adalah mobil merek Morris Minor 100 produksi 1957, yang merupakan kendaraan angkutan umum di tahun 1950-an. Mobil yang dipanggil 'Oplet' ini cukup eksis lama bahkan hingga akhir 1970-an.



Morris Minor 100 ini juga pernah jadi salah satu pemeran utama di serial Si Doel Anak Sekolahan. Tapi untuk unit yang dipamerkan di Indonesia Classic N Unique Bus, merupakan milik dari kolektor asal Jakarta Timur bernama Salim.

"Ini mobil warisan. Dulu pas ada peremajaan dari oplet ke Kijang sama Colt, oplet ini saya jadikan mobil plat hitam," kata Salim, di lokasi pameran, Rabu (20/3/2019).

OpletOplet Foto: Pradita Utama


Bicara harga, Salim memasang banderol untuk opletnya sekitar Rp 500 jutaan atau setara SUV seperti Toyota Fortuner. Ada alasan, mengapa Salim memasang harga tinggi untuk mobil klasiknya.



"Karena komponennya semua masih ori. Dan di Indonesia mobil ini bisa dihitung jari. Jadi saya pasang harga di atas Rp 500 juta. Dulu sih udah ada yang pernah Rp 450 juta tapi saya tolak," katanya lagi.

Meski tergolong mobil tua, Salim mengatakan jika Morris Minor 100 miliknya masih kuat dipakai untuk harian, bahkan untuk perjalanan jauh. "Kemarin saja saya habis touring dari Magelang," pungkas Salim. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com