Rabu, 20 Mar 2019 08:50 WIB

Toyota Bakal Suntik Sienta Pakai Mesin Hybrid?

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Sienta baru di Jepang. Foto: Paultan
Jakarta - Toyota Sienta menjadi salah satu mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang penjualannya kurang moncer di Indonesia. Mengutip informasi Gaikindo, pada awal 2019 Sienta mencatat data wholesales (distribusi ke diler) sebanyak 66 unit di Januari dan 111 unit di Februari.

Dengan sedikitnya catatan penjualan mobil unik tersebut, muncul wacana Sienta akan dapat pembaruan. Salah satu isu yang mencuat yakni Sienta facelift dengan mesin hybrid, seperti unit yang dijual di pasar Jepang.



Menanggapi isu liar tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, pun angkat bicara. Kata pria yang akrab disapa Warih, Sienta hybrid bisa saja masuk dan dijual di Indonesia.

"Semua kami pikirkan, yang tepat di area itu. Market kita yang sedang tumbuh di situ (MPV). Kita harus pikirkan produk apa yang pas di situ. Untuk Electric Vehicle," kata Warih kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (19/3/2019).



Menurut klaim TMMIN, di tahun 2018 produksi Toyota Sienta mencapai 12.000 unit, 8.000 unit di antaranya diekspor untuk pasar Asean. Dan di bulan Januari-Februari 2019, klaimnya sudah memproduksi 1.000 unit.

"Kita harus sama-sama memikirkan model mobil yang cocok untuk pasar domestik di Indonesia, sekaligus pasar ekspor. Dan pintar-pintar baca aja, apa yang diminati customer di range pricing itu ya (Rp 200 jutaan)," pungkas Warih. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com