Minggu, 17 Mar 2019 08:03 WIB

Mengenal Sunroof, Fitur Mobil yang Biasa Dimanfaatkan Prabowo

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Prabowo sapa pendukung lewat sunroof mobil. Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom Prabowo sapa pendukung lewat sunroof mobil. Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, kerap kali memanfaatkan salah satu fitur mobil yang dinaikinya untuk menyapa para pendukungnya. Mulai dari mobil Lexus miliknya sampai Alphard yang ia tumpangi, Prabowo kerap memanfaatkan fitur tersebut.

Ya, fitur yang dimanfaatkan Prabowo adalah sunroof. Tak semua mobil memiliki sunroof. Kebanyakan mobil yang disematkan sunroof dari pabrikan adalah mobil menengah ke atas. Tapi, pemilik mobil beratap solid pun bisa memodifikasinya sehingga bisa memakai sunroof.


Tak cuma Prabowo, Joko Widodo (Jokowi) juga pernah memanfaatkan fitur sunroof saat berkunjung ke Nabire, Papua akhir 2017. Saat itu, Jokowi muncul dari sunroof mobil Toyota Land Cruiser hitam.

Jokowi nongol di sunroof mobil saat di Nabire. Jokowi nongol di sunroof mobil saat di Nabire. Foto: Danu Damarjati/detikcom


Mengutip laman Car Deal, sunroof adalah semacam jendela yang dipasang di atap mobil. Sunroof biasanya berupa kaca yang bisa dibuka tutup untuk mendapatkan udara segar ketika berkendara.

Sunroof Mobil. Sunroof Mobil. Foto: detikOto


Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari mobil yang memiliki sunroof. Yang pertama, penampilan mobil jadi lebih keren. Terkadang, sunroof bermanfaat juga mengalirkan udara segar ke dalam kabin dengan udara alami ketimbang pakai AC.



"Jika Anda berencana membuka jendela selama perjalanan, ada begitu banyak suara angin yang berembus dan itu membuatnya terlalu bising bahkan (menyulitkan) untuk berkomunikasi dengan sesama penumpang. Sunroof sangat baik dalam situasi seperti itu. Faktor kebisingan bisa dikurangi sambil mobil tetap mendapat asupan udara segar dari luar," tulis Car Deal.

Sunroof di Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige. Sunroof di Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige. Foto: Lamhot Aritonang


Sunroof tepat digunakan di jalanan pedesaan dengan udara segar dan langit indah penuh bintang di malam hari. Pada siang hari, sunroof bisa membuat mobil lebih cerah. Bisa jadi, berkat kabin yang cerah mood penghuni mobil jadi lebih baik. Sunroof juga memberikan kesan kabin mobil jadi lebih lapang, mungkin karena kecerahannya.

Sayangnya, kebanyakan mobil yang punya sunroof dari pabrikan memiliki harga yang lebih tinggi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed