Sabtu, 16 Mar 2019 09:25 WIB

Naik Mobil Listrik di Jakarta, Seminggu Sekali Ngecas Cukup

Rizki Pratama - detikOto
Nissan LEAF Foto: Dikhy Sasra Nissan LEAF Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Mobil listrik terlaris dunia, Nissan LEAF mengaspal di Indonesia tahun 2020 mendatang, PT Nissan Motor Indonesia selaku APM Nissan di Indonesia masih belum memastikan lokalisasi produk itu di dalam negeri. Meskipun demikian sebelumnya Nissan memang akan melakukan produksi mobil listrik mereka di salah satu negara di Asia Tenggara.

"Kita masih mendiskusikan hal tersebut, untuk saat ini mengenai produksi lokal kami masih melihat waktu yang tepat," ujar Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi di Serang Barat, Banten.



Saat pemerintah masih belum memastikan regulasi kendaraan listrik, Sekiguchi mengatakan dia sudah berdiskusi dengan pemerintah untuk mendatangkan Nissan LEAF. "Ada banyak diskusi dengan pemerintah terkait keputusan mengenai berbagai regulasi kendaraan listrik di indonesia," ungkapnya.

Sekiguchi melanjutkan, langkah diskusi tersebut tidak sekedar memasarkan produk merek di Indonesia melainkan juga mendorong terciptanya kota masa depan yang lebih sehat dengan kendaraan tanpa emisi.

"Ini tidak hanya sekedar mendatangkan mobil listrik ke pasar. Ini adalah aksi yang harus kita ambil, tentang bagaimana kita membuat masa depan yang lebih baik untuk Jakarta dan Indonesia. Dan saya harap EV (Electric Vehicle/mobil listrik) bisa menjadi bagian dari solusi untuk pemerintah," papar Sekiguchi.


Nissan sendiri yakin LEAF akan cocok di Indonesia meskipun infrastruktur kendaraan listrik masih kurang. Alasannya kendaraan yang mereka datangkan tersebut mampu beroperasi hingga satu minggu pemakaian dalam sekali pengisian daya. Berdasarkan keterangan resmi Nissan, LEAF terbaru mereka mampu menempuh jarak hingga 362 km.

"Sekarang untuk EV ada LEAF yang kita sediakan di beberapa negara. Jika kita mengumpamakan pada orang Jakarta, bisa dikatakan cukup untuk satu minggu berkendara menggunakan LEAF dengan sekali isi," kata Sekiguchi.

Jika mengacu pada pernyataan Sekiguchi dan jarak jelajah LEAF yang mencapai 362 km, maka sehari rata-rata pengguna LEAF itu maksimal 72 km. Cukup lah ya untuk bolak balik ke kantor? (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed