Rabu, 13 Mar 2019 18:57 WIB

Ini Pendapat Toyota Soal Livina Terbaru

Luthfi Anshori - detikOto
All New Nissan Livina Foto: Rifkianto Nugroho All New Nissan Livina Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Nissan Motor Indonesia (NMI) belum lama ini meluncurkan MPV baru, All New Livina, yang punya basis desain dari Mitsubishi Xpander. Bahkan platform yang digunakan keduanya pun sama.

Jika dilihat, strategi sharing platform ini mirip seperti yang dilakukan Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan duet Avanza-Xenia.



"Barusan kan di-launching Nissan Livina (baru). Itu kan strateginya sama dengan Toyota dan Daihatsu. Toyota ngembangin Avanza. Daihatsu, Xenia. Mitsubishi, Xpander dan Nissan, Livina," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Franciscus Soerjopranoto, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Soerjo, kolaborasi yang dilakukan Mitsubishi dan Nissan dengan Xpander dan Livina bakal menjadi sesuatu yang menarik.

"Kolaborasi kedua (model) itu kan jadi menarik. Kita lihat aja hasilnya gimana. Kalau di Avanza kan kolaborasinya udah lama. Nah, apakah Livina itu akan mengganggu Xpander itu perlu diamati," lanjut Soerjo.



Namun menurut Soerjo, hadirnya Livina baru diperkirakan akan mempengaruhi penjualan Xpander. "Kalau lihat dari posisi inden. Mitsubishi mengatakan (Xpander) inden terus, kemudian Livina dengan modelnya yang baru cukup baik gitu ya di masyarakat. Kemungkinan orang pindah ke Livina," katanya lagi.

"Kalau saya jadi kustomer, saya lebih pilih Nissan Livina, karena apa? Karena itu head to head gitu. Tinggal adu aja. Nah, maka saya bilang strategi dia kolaborasi itu harus hati-hati. Kalau kita sama Daihatsu kan udah dari tahun 2004 ya," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed