Rabu, 13 Mar 2019 15:36 WIB

Mobil Murah Tak Dilirik Lagi, Kalah Sama Xmax Dkk

Dina Rayanti - detikOto
LCGC kembar Agya-Ayla. Foto: Agung Pambudhy LCGC kembar Agya-Ayla. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mobil murah yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC) sempat menjadi primadona. Penjualannya pun meningkat drastis sejak pertama kali meluncur tahun 2013. Di tahun pertamanya, LCGC yang mulai dijual pada September 2013 terdistribusi sebanyak 51.180 unit.

Lima tahun setelahnya, penjualan LCGC meningkat hampir lima kali lipat. Tercantum dalam data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia tahun 2018 seluruh model LCGC terdistribusi sebanyak 230.443 unit. Meski begitu penjualan LCGC tahun 2018 cenderung menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


Tahun 2016 misalnya LCGC bisa membukukan 235.171 unit sedangkan 2017 234.554 unit. Untuk tahun 2019, penjualannya pun diprediksi menurun. Mobil-mobil LCGC tak lagi dilirik karena kalah pamor dengan motor-motor di segmen premium.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menyebut produsen motor cukup agresif mengenalkan produk-produknya dengan yang mirip-mirip dengan LCGC. Di samping itu, harga mobil-mobil LCGC ini berbeda tipis dengan Low MPV seperti Avanza Cs.

Pasar Low MPV memang sedang memanas di awal tahun 2019. Terlebih lima model berbenah diri dengan menghadirkan tampilan baru mulai dari Avanza, Xenia, Livina, Ertiga, hingga Mobilio.


"Sekarang pasar kendaraan roda dua berkembang sangat cepat bahkan berkembangnya nggak hanya produk-produk yang ada sekarang dia ada tren baru yang premium," jelas Soerjo saat dihubungi detikOto, Rabu (13/3/2019).

"Motor listrik juga lagi ngetren kan sudah makin populer bahkan di luar negeri seperti itu. Tren di motor lebih cepat dari kendaraan roda 4. LCGC itu jadi kayak sandwich di tengah-tengah di antara motor sama low MPV," sambungnya.

Motor-motor jenis premium memang banyak pilihannya. Misalnya yang berada di kisaran harga Rp 50-70 jutaan ada Yamaha Xmax, Honda Forza, hingga Kymco. Motor pun tampil dengan desain stylish dan diklaim cocok untuk mereka yang doyan bertualang menggunakan motor.


Harganya berbeda tipis dengan LCGC yang mulai dijual dengan harga Rp 98 jutaan.


Simak Juga 'Perang Mobil Murah Diprediksi Masih Terjadi di 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya