Sabtu, 09 Mar 2019 12:33 WIB

Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn Bisa Bebas dengan 8 Syarat Tambahan

Rizki Pratama - detikOto
Carlos Ghosn Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo Carlos Ghosn Foto: Reuters/Steve Marcus/File Photo
Jakarta - Setelah pengadilan Jepang menyetujui pembebasan sementara mantan bos Nissan, Carlos Ghosn ada beberapa persyaratan yang tidak boleh dilanggar hingga proses investigasi selesai dan dilanjutkan ke meja hijau.

Selain uang jaminan sebesar USD 9 juta atau sekitar Rp 128 miliar, 8 syarat lainnya harus ditaati. Jika terbukti melanggar aturan tersebut, Ghosn akan dikembalikan ke dalam penjara hingga proses hukum selesai dan diketuk oleh hakim.



8 aturan bebas bersyarat yang harus dipatuhi Ghosn di antaranya; harus tetap di Tokyo, tidak boleh ke luar negeri yang mana passportnya harus diserahkan pada pengacara, harus meminta persetujuan kepada pengadilan jika melakukan perjalanan selama lebih dari 2 malam, memasang camera cctv di pintu masuk kediamannya, dilarang mengakses internet dan e-mail, hanya boleh menggunakan komputer yang ada di kantor pengacaranya tanpa akses internet, dilarang melakukan kontak dengan orang yang terkait dengan kasusnya, meminta izin pengadilan untuk ikut rapat dengan direksi Nissan, dan dilarang menghubungi manajer Nissan.



Ghosn sendiri telah resmi dibebaskan dari tahanan kejaksaan Tokyo, Jepang pada Rabu (5/3/2019) pagi. Sebelumnya, Ghosn telah mengajukan permohonan jaminan sebanyak dua kali namun tidak tembus. Sampai akhirnya, ia mempercayakan kasus tersebut kepada pengacara yang sudah terkenal dengan sebutan 'Razor' di Jepang yakni Junichiro Hironaka.

Ghosn sebelumnya juga sempat mendapat peluang untuk menghirup udara segar setelah pengadilan Jepang memberikan jaminan kepadanya. Namun jaksa penuntut dengan cepat mengajukan banding demi menunda pembebasan setelah lebih dari tiga bulan Ghosn di penjara.

Kasus tuduhan mantan bos Nissan Carlos Ghosn yang ditangkap atas tuduhan pelanggaran kepercayaan dalam mengalihkan kerugian investasi pribadi senilai 1,85 miliar yen atau setara USD 17 juta kepada Nissan. Bukti memberatkan Ghosn hadir baru-baru ini yang menyebut dirinya juga mendapat uang kompensasi di bawah $ 82 juta di Nissan selama hampir satu dekade. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed