Jumat, 08 Mar 2019 07:44 WIB

Orang Kaya RI Masih Doyan Beli Sedan

Ruly Kurniawan - detikOto
BMW. Foto: Agung Pambudhy BMW. Foto: Agung Pambudhy
Bandung - Dewasa ini, mobil berjenis SUV (Sport Utilize Vehicle) makin banyak saja. Mulai dari pabrikan dari Jepang, Eropa, hingga China mengeluarkan mobil serupa. Hal ini mengakibatkan popularitas sedan makin menurun.

Bahkan pada Juli 2018 disebutkan bahwa ada penurunan penjualan mobil sedan hingga 44,83 persen dibanding periode sebelumnya. Torehan tersebut merupakan yang terendah dalam tujuh tahun atau sejak Juli 2012.


Walau begitu, mobil sedan BMW masih jadi pilihan utama orang Indonesia ketika mendatangi diler merek Jerman tersebut.

"SAV (Sports Activity Vehicle) yang terdiri dari BMW X sekarang mengalami petumbuhan, mulai dari X1, X3 dan lainnya. Kita lihat memang ada pergeseran. Namun tetap, sedan masih jadi tulang punggung BMW Indonesia (3-series)," ujar Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania di Bandung, Selasa (5/3/2019).

"Jadi, sedan akan tetap terus bertumbuh terutama yang premium," lanjut dia.

Memang, kini mobil sedan di Indonesia tak banyak mengingat pajak yang dikenakan masih mahal dan kebutuhan masyarakat atas mobil keluarga cukup tinggi. Walau begitu, permintaan sedan masih cukup besar.


"Ya memang saat ini jumlah sedan baru yang dihadirkan sangat terbatas. Tapi kalau dari BMW Indonesia sendiri, kita selalu menghadirkannya. Contoh saja 3-series yang terus berkembang dan diminati," ucap Jodie.

"Pemerintah juga nanti bakal melakukan penyesuaian pajak untuk sedan. Saya tak tahu apa yang akan diubah yang jelas menarik untuk ditunggu," katanya lagi.


Saksikan juga video 'Review BMW X2: SUV Rasa Sedan Berharga Hampir Rp 1 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed