Kamis, 07 Mar 2019 15:07 WIB

Dear Raditya Dika dan Atta, Ini Alasan Suspensi MINI Keras

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Setiap kendaraan memiliki karakteristiknya masing-masing. Seperti Volvo yang mengedepankan keamanan, BMW dan Mercedes-Benz di kemewahan dan kenyamanan, sampai Mini pada sensasi berkendara yang liar.

Namun memang, tak semua orang sepenuhnya menyukai semua karakter mobil. Sebagaimana Raditya Dika dan Atta Halilintar yang mengeluhkan karakter suspensi Mini Cooper yang keras.

Tentang hal ini, Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania menjelaskan mengapa MINI memiliki suspensi yang lebih keras daripada kompetitor lainnya. Yakni untuk mendapat sensasi berkendara yang menyenangkan dan berbeda (seperti naik Gokart).


"Perlu diingat yakni brand MINI merupakan kendaraan kompak premium untuk sensasi berkendara FUN, Gokart handling, dan tampilan unik dengan pemanfaatan ruang yang cerdas," katanya kepada detikOto di Jakarta, Kamis (7/3/2019).

"Feature ikonik MINI adalah Gokart handling dan manuver saat di tikungan tajam. Untuk memaksimalkan hal ini, ada mode sport yang bisa dipilih. Namun pasti berpengaruh pada suspensi yang lebih kaku," lanjut Jodie.

Dikesempatan berbeda, Head of Mini Asia Kidd Yam juga sempat menyatakan bahwa MINI tidak hanya unik di desain saja. Melainkan juga pada sensasi berkendaranya. Bahkan, tak ada yang menyamai MINI.


"Setiap kendaraan memiliki karakteristik tersendiri. Untuk MINI sendiri memang sudah terkenal dengan sensasi berkendara Gokart yang menyenangkan dan liar. Jadi dimaksimalkan handling-nya. Akibatnya, suspensi harus lebih keras untuk menjaga kestabilan dan menambah keseruan," kata dia.

MINI pun sadar akan permintaan tentang kendaraan keluarga yang lebih nyaman untuk digunakan jarak cukup jauh. Oleh sebab itu, lahirlah MINI Countryman 5-door yang memiliki muatan lebih besar dan suspensi cukup empuk.

"Untuk suspensi nyaman, dapat memilih model MINI Countryman yang merupakan kendaraan Sport Activity Vehicle dan hadir dengan kabin paling luas," pungas Jodie. (ruk/ruk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya