Senin, 04 Mar 2019 16:59 WIB

Nissan Akui Penjualan Terra Belum Memuaskan

Ruly Kurniawan - detikOto
Nissan Terra Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Mulai melakukan penjualan pada Agustus kemarin tepatnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengaku belum puas atas perolehan Nissan Terra.

Penantang Fortuner dan Pajero Sport tersebut dalam periode November-Desember 2018 padahal sudah mampu meraih angka 772 unit (berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo).



Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi di sela-sela Media Test Drive Nissan Terra di Tangerang, Senin (4/3/2019).

"Jumlah yang kita bisa lihat sama-sama saat ini (periode penjualan pada November-Desember 2018) memang belum menyentuh ekspektasi kami," tanggap dia.

Isao menyatakan, ada beberapa penyebab penjualan Nissan Terra cukup kecil dibandingkan pada para pesaingnya di periode tersebut. Salah satunya adalah waktu distribusi unit ke konsumen.



"Satu, kami tidak bisa melakukan distribusi ke pasar terutama ke end customer hingga pertengahan Desember, walau kami sudah meluncurkan model ini pada Agustus 2018. Namun pengirimannya baru bisa dilakukan pertengahan Desember," ujarnya.

"Lalu, saya pikir kami juga harus melakukan pekerjaan yang lebih baik perihal komunikasi Nissan Terra kepada konsumen. Karena mobil ini benar-benar baru dan konsumen juga baru mendengarnya. Terra ini adalah tipe SUV baru yang kami bawa ke pasar Indonesia," lanjut Isao.



Langkah paling dekat untuk pihak NMI melakukan penetrasi pasar adalah menambah jaringan diler serta mitra kerjanya. "Maret ini akan tambah tiga diler baru. Bulan depan inshaallah tiga lagi. Banyak deh pastinya, tiap bulan ada diler baru," ujar Head of Product Communication NMI, Hana Maharani dikesempatan sama.

"Mitra diler kita juga akan terus dikembangkan atau dicari (ditambah). Sekarang ada 6 yakni Indomobil, Auto Kencana, MPA, JKM, dan lain sebagainya," lanjut dia.

Sebagai perbandingan, pada periode yang sama yakni November-Desember 2018, Mitsubishi mampu menjual Pajero Sport sebanyak 1.322 unit. Sedangkan Fortuner, sebagai SUV premium penjualan paling tinggi bisa mencetak angka penjualan 1.471 unit. Model terlarisnya adalah Fortuner VRZ 2.4 TRD AT diesel, yang menyumbang angka penjualan 734 unit.

Bila membandingkan banderolan Terra, varian termurahnya dibanderol Rp 464 juta dimana sama dengan Pajero Sport. Harga tersebut lebih rendah daripada Fortuner yang dijual Rp 471,85 juta.

Di antara SUV 7-seater lainnya, harga Chevrolet Trailblazer merupakan yang paling murah. SUV merek Amerika itu dijual dengan harga mulai Rp 435 juta. Lain lagi dengan mu-X. mu-X paling murah dibanderol Rp 473 juta. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com