Sabtu, 02 Mar 2019 16:07 WIB

Waduh, Mobil Baru Jadi Alat Penyelundupan Narkoba

Rizki Pratama - detikOto
Mobil Baru buat Selundupkan Narkoba. Foto: Istimewa Mobil Baru buat Selundupkan Narkoba. Foto: Istimewa
Ontario - Kepolisian di Kanada meringkus kartel narkoba Meksiko yang telah menyembunyikan barang aditif tersebut ke ban serap mobil dan mengirimkannya ke Kanada dengan kereta api.

Global News melaporkan bahwa Polisi Provinsi Ontario diberi tahu tentang skema penyelundupan narkoba itu setelah karyawan di dealer Ford menemukan tas mencurigakan di ban cadangan model Ford Fusion yang baru dikirim.



Mobil itu sendiri dibuat, dirakit, dan dikirim langsung secara utuh dari Meksiko ke Kanada. Polisi yang berwenang menduga bahwa pengedar narkoba dari Meksiko adalah dalang di balik semua ini.

"Kartel Sinaloa sangat kuat mengakar di wilayah Meksiko itu. Kami sangat yakin bahwa mereka yang bertanggung jawab atas obat-obatan ini," Kata OPP Supt, Bryan MacKillop.

Penyelidikan melibatkan Badan Layanan Perbatasan Kanada, Polisi Sudbury Besar, polisi di New Brunswick, polisi provinsi Quebec dan Ford. Pihak berwenang menyatakan bahwa sembilan dari 14 kendaraan dalam pengiriman ke dealer Ontario berisi narkoba. Sekitar 180 kg narkoba ditemukan dengan total nilai mencapai USD 4,5 juta atau sekitar Rp 63 miliar.



Selain itu polisi tidak menemukan narkoba lainnya dalam pengiriman Ford Fusion tersebut. Polisi berasumsi pihak pengedar menghentikan pengiriman lainnya saat mereka mengetahui sindikat tersebut terungkap.

"Seperti yang kita ketahui dari penyelidikan penyelundupan narkoba sering kali cara-cara unik dilakukan. Tidak jarang organisasi kriminal menggunakan cara-cara kreatif untuk menyembunyikan obat-obatan terlarang di dalam kargo legal, "kata MacKillop.

Kartel Sinaloa pernah dipimpin oleh Joaquin 'El Chapo' Guzman yang baru-baru ini dinyatakan bersalah atas perdagangan narkoba dan pelanggaran lainnya di New York. Sebelumnya pada April 2017, setidaknya 22 kendaraan Ford, termasuk Fusion juga ditemukan narkoba diselundupkan melalui ban serepnya. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed