Honda Brio Siap Sesaki Negara Asia Mulai Tahun Ini

Ruly Kurniawan - detikOto
Rabu, 27 Feb 2019 18:29 WIB
Honda Brio Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta - Mobil murah meriah dan ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) sepertinya tak hanya menggoda warga Indonesia. Sebagai buktinya, Honda Brio juga dilirik oleh beberapa negara lain.

Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, memastikan, debut ekspor Brio generasi kedua akan dilakukan sebentar lagi.



"Iya, Brio rencananya akan kami ekspor dekat-dekat ini," katanya di sela-sela Media Test Drive New Mobilio, di Ancol, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

"Tahun ini. Kuotanya berapa, nanti akan kami infokan lagi," ungkap Jonfis lagi.

Sedangkan untuk negara tujuannya, Brio direncanakan akan dikapalkan ke negara tetangga terlebih dahulu. Yakni Filipina dan Vietnam.

"Negaranya Filipina dan Vietnam," pungkas Jonfis.



Sejak pertama diluncurkan, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS langsung dapat sambutan hangat warga Indonesia. Perolehan tersebut terus dipertahankan hingga Januari 2019.

Berdasarkan data yang dihimpun Gaikindo, Honda Brio Satya mencatat penjualan sebesar 4.798 unit dan menguasai 28 persen pangsa pasar di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Angka ini meningkat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya, dengan penjualan mencapai 4.377 unit.

Sementara itu, Honda Brio RS selaku varian tertingginya mampu terjual sebanyak 1.699 unit di bulan Januari. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya, dengan angka 1.427 unit dan memimpin pasar city car. (ruk/lth)