Mobil Listrik Cetak Rekor Sepanjang 2018

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 26 Feb 2019 14:23 WIB
Nissan LEAF Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Mobil listrik tampaknya sudah mulai dilirik banyak orang di dunia. Terbukti, mobil listrik makin laris di dunia.

Jato, supplier intelijen bisnis otomotif global yang mengumpulkan data dari 54 pasar otomotif dunia, menyebut 2018 menjadi rekor baru penjualan kendaraan listrik bertenaga baterai. Penjualan kendaraan ramah lingkungan itu melonjak tajam.

Nissan LEAFNissan LEAF Foto: Dina Rayanti




Jato mencatat, mobil listrik terjual sebanyak 1,26 juta unit di seluruh dunia. Menurutnya, angka itu naik sebesar 74 persen dari periode sebelumnya.

"Itu adalah salah satu peningkatan tertinggi di antara semua kategori mobil di pasar global," tulis Jato dalam siaran persnya.


BMW i8 mobil listrik hybrid BMW i8 mobil listrik hybrid Foto: Ari Saputra




Ada beberapa faktor yang membuat penjualan mobil listrik meledak di dunia. Pertama, permintaan mobil listrik di China melonjak sepanjang 2018. Sebagian karena promosi mobil listrik di negara itu sangat gencar, ditambah dukungan pemerintah karena dampak lingkungan.

Kedua, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, mulai gencar terhadap produknya. Terbukti, Tesla Model 3 menjadi mobil listrik di dunia karena didorong oleh penjualan di Amerika Utara.

Peluncuran Tesla Model 3Peluncuran Tesla Model 3 Foto: Tesla Motors


Terakhir, krisis diesel di Eropa turut membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat mobil listrik terhadap lingkungan.



Simak juga video 'Kementerian ESDM Dorong Implementasi Kendaraan Listrik di RI':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)