Senin, 25 Feb 2019 16:49 WIB

Renault Janji Poles Kwid Jadi Lebih Keren

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mobil Eropa tidak selamanya mahal. Hal tersebut dibuktikan oleh Renault Kwid yang dijual di Tanah Air seharga Rp 121 jutaan. Tapi sayang, mobil perkotaan 5-penumpang ini tak begitu diminati sampai saat ini.

Hal utama yang menjadi alasannya adalah, teknologi Kwid masih jadul. Padahal di Eropa, mobil tersebut sangat baik dari sisi teknologi maupun desain serta kenyamanannya.



"Ya karena kemarin Kwid tidak kita jual versi matik. Padahal, di kota besar seperti Jakarta orang perlu dan lebih suka mobil dengan transmisi matik. Mungkin, kalau di luar kota masih bisa terima mobil manual. Oleh karena itu, kita harus sesuaikan dengan selera lokal," kata Chief Operating Officer Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tulian di Jakarta, kemarin (24/2/2019).

Davy juga menjanjikan akan mempermak Kwid dalam beberapa waktu ke depan. Hingga saat ini, mobil masih akan dijual. "Lalu alasan lain (mengapa Kwid tidak laku di Indonesia), pengguna mobil sekarang tidak suka pakai hand power window (pengaturan kaca secara manual, belum elektrik). Jadi nanti Kwid akan kita masukkan kembali dengan beberapa perubahan. Sekarang mobil masih dijual," ucapnya.



"Nanti saya tentukan, apakah Kwid yang akan keluar nanti facelift, minor change, atau bahkan new model. Pokoknya Kwid akan kita improve sebab mobil ini produk yang sangat bagus," jelas Davy lagi.

Namun ia tak dapat memastikan, apakah yang dimaksud ialah memperkenalkan Kwid 7-penumpang di Indonesia atau hanya penyegaran belaka. Yang jelas, Kwid bakal jadi produk utama dari Renault Indonesia untuk menantang mobil-mobil murah sekelas LCGC (Calya-Sigra) di Indonesia.

Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kwid hanya dikirim sebanyak 49 unit sejak Januari hingga Agustus 2018. Mobil murah dari Prancis itu paling banyak terjual pada bulan Mei yakni 19 unit.

Pada kesempatan sama, Director After Sales Network & Service Quality Renault Asia Pasific Ltd Xavier Kaufman mengungkapkan akan memperkenalkan mobil keluarga 7-penumpang murah dan cocok untuk orang Indonesia. Belum dipastikan memang modelnya, tetapi dari informasi yang dihimpun semua mengarah ke Renault Kwid 7-seater yang baru akan diluncurkan pertama kali di India tahun ini.

"Mobil yang akan kita bawa adalah benar-benar baru dan belum ada sebelumnya di Indonesia. 7-seater dan terjangkau," kata Xavier.

"Mobilnya yang pasti murah karena kita ingin membuat image mobil Eropa itu nggak selalu mahal. Perkiraan harganya, beririsan lah dengan LCGC sekarang," tambah Davy.

Renault Janji Poles Kwid Jadi Lebih KerenKet: Harga mobil Rp 117 juta, saat pertama kali meluncur di Jakarta (Foto: Zaki Alfarabi


[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com