Senin, 25 Feb 2019 15:40 WIB

Mobil Kembar Tiga, Chevy Captiva-Wuling Almaz-Baojun 530

Dina Rayanti - detikOto
Wuling Almaz. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Wuling beberapa hari lagi bakalan merilis SUV perdananya untuk masyarakat Indonesia yakni Almaz. Di negara asalnya, Wuling Almaz bernama Baojun 530. Wujudnya pun sangat mirip. Meski begitu, Almaz yang dipasarkan untuk masyarakat Indonesia diproduksi di pabrik Wuling kawasan Cikarang, Bekasi.

Wajah Wuling Almaz tidak hanya kembar dengan Baojun 530. Satu lagi SUV yang berbasis Baojun 530 adalah Chevrolet Captiva. Wajah Captiva versi tahun 2019 pun sangat mirip dengan Baojun 530 maupun Captiva. Namun bagian belakangnya cukup berbeda.


Baojun 530 terbilang mobil baru. Wuling di China pertama kali merilis mobil pada tahun 2018. Sedangkan Almaz menyusul setelahnya. Sementara Captiva belum diumumkan secara resmi kapan SUV kembar tersebut diluncurkan oleh Chevrolet.

Selain wajah yang mirip, fitur-fitur di dalam Baojun 530 dan Almaz tak berbeda jauh. Pada Almaz, Wuling tak lagi mengusung transmisi otomatis i-AMT, melainkan CVT. Diharapkan pengemudi bisa lebih nyaman ketika berkendara.

Mesinnya pun sama yaitu 1.500cc turbo yang bisa menghasilkan torsi maksimum 250 Nm pada 1.600-3.000 rpm. Sebelum diperkenalkan, Almaz sudah lebih dulu diuji. Yakni selama 10.000 jam dan 300.000 km.


Mirip dengan Baojun 530, head unit Almaz berukuran besar dan menyajikan berbagai tombol perintah seperti pengaturan AC, mengatur sensor pada mobil, penampang kamera 360 derajat, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), mirroring Wuling Link, hingga pengaturan seting kendaraan seperti lampu-lampu dan fungsionalitas mobil lainnya.

Selain itu, mobil juga sudah dibekali berbagai fitur keselamatan canggih mulai dari Traction Control System (TCS), Auto Vehicle Holding (AVH), Electronic Distribution, Brake Assist, Hill Hold Control, Anti-lock Braking System, Electronic Brake force Distribution, Electronic Stability Control, Tire Pressure Monitoring System, Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal.

Sebagai perbandingan Baojun 530 juga fiturnya mirip dengan Almaz namun ada speed sensor automatic lock, back door child protection lock, autohold automatic parking, rear and front parking radar, reverse image, jok kulit, serta vehicle dynamic control.

Baojun 530Baojun 530 Foto: General Motors


Seperti mobil mewah lainnya, Almaz juga telah memiliki fitur Cruise Control serta Keyless Entry & Keyless Remote beserta Start-Stop Button. Mode berkendara juga dihadirkan namun hanya dua saja yakni eco dan sport.

Chevy CaptivaChevy Captiva Foto: General Motors


Tak hanya itu, beberapa sentuhan yang memanjakan pengguna mobil juga diperhatikan. Dari kulit halus di dashboard dan panel pintu, jok yang empuk, hingga moonroof besar.
Wuling AlmazWuling Almaz Foto: Ruly Kurniawan


Sayangnya jika para kompetitornya fokus di SUV berkapasitas tujuh penumpang, Almaz hanya mampu mengantuk lima orang saja. Padahal di negara asalnya, Baojun 530 pun tersedia versi tujuh penumpang. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com