Jumat, 22 Feb 2019 14:44 WIB

Harga Sedan Turun Masih Tunggu Harmonisasi Pajak

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tidak seperti mobil LCGC maupun MPV, mobil jenis sedan memiliki harga yang lebih mahal karena pajak yang cukup besar.

Sebagai informasi, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) sedan kecil (di bawah 1.500 cc) saat ini ditetapkan 30 persen. Sedangkan untuk sedan di atas 1.500 cc adalah 40 persen. Beberapa waktu lalu, Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian mengusulkan harmonisasi tarif pajak kendaraan untuk sedan dan kendaraan listrik.

Artinya, jika kebijakan tersebut benar-benar terwujud, maka harga sedan bisa jauh lebih murah.



Menanggapi hal itu PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku masih menunggu usulan harmonisasi pajak ini direalisasikan. Ketika ditanya wartawan, apakah sedan seperti Honda Civic akan mengalami penurunan harga setelah harmonisasi pajak diterapkan, pihak HPM akan mengikuti aturan tersebut.

"Belum tahu, kita masih tunggu itu seperti apa itu skemanya. Pasti kami akan ikut peraturan aja. Tergantung seperti apa peraturannya. Kalau sekarang belum ada rencana apa-apa," kata Public Relation Manager PT HPM, Yulian Karfili, kepada wartawan di Jakarta.



Mengenai usulan tarif pajak baru untuk sedan, sebelumnya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap harmonisasi tarif sedan bisa membuat PPnBM mobil jenis ini turun signifikan.

"Sekarang pajak sedan kecil saja kan 30 persen. Saya pernah ditanya, Pak sebaiknya berapa? Sekarang kita lihat aja track record yang lalu. Kalau MPV dengan PPnBM 10 persen laku keras, ya sudah lihatin (tarif pajak) itu saja," terang Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto, beberapa waktu lalu.

Harga Sedan Turun Masih Tunggu Harmonisasi Pajak
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed