Jumat, 22 Feb 2019 12:10 WIB

Punya Tampang Baru, Harga Mobil-mobil Ini Malah Nggak Naik

Dina Rayanti - detikOto
Honda Mobilio. Foto: Ari Saputra Honda Mobilio. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Adanya perubahan wajah pada mobil menjadi lebih estetik biasanya diikuti oleh peningkatan harganya. Namun ada juga beberapa produsen mobil yang justru mempertahankan harga jual mobil meskipun memiliki tampang baru.

Misalnya Toyota. Strategi menahan harga diterapkan Toyota saat meluncurkan Rush versi terbaru setelah 10 tahun tak berganti model November 2017. Tak hanya Rush, Daihatsu pun menerapkan strategi untuk tidak menaikkan harga Terios.


Bisa jadi strategi menahan harga disertai dengan model baru tersebut berhasil karena keduanya mengalami peningkatan penjualan hingga dua kali lipat. Toyota kemudian mengulangnya lagi ketika meluncurkan Avanza pertengahan Januari 2019.

Meluncur tahun 2019 dengan sederet tambahan fitur serta penyetelan suspensi yang disebut lebih nyaman, harga Avanza tak naik. Harga Avanza masih sama dengan model lamanya. Begitupula dengan Xenia.

Kini strategi penahanan harga diikuti oleh Honda. Honda meluncurkan dua mobil sekaligus yakni Mobilio dan Civic Turbo. Kalau Civic harganya naik Rp 6 juta, sedangkan Mobilio tetap.

Menurut Assistant Manager Public Relation Department PT Honda Prospect Motor (HPM) Yulian Karfili hal ini menjadi sengaja dilakukan Honda karena ingin memberikan nilai lebih kepada konsumennya.


"Ini memberikan value tambahan karena kita tidak menaikkan harga namun memberi perubahan pada sisi tampilannya," ujarnya usai peluncuran Mobilio.

Ubahan yang dilakukan Honda pada Mobilio pun cukup banyak mulai dari grille depan, lampu projector LED, aksesoris aerodinamis, head unit yang semakin lengkap hingga pelek pun didandani.

Punya Tampang Baru, Harga Mobil-mobil Ini Malah Nggak Naik
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed